Home » Makanan dan Minuman » Manfaat Kentang Untuk Kulit dan Sebagai Pencegah Penyakit

Manfaat Kentang Untuk Kulit dan Sebagai Pencegah Penyakit



manfaat kentang untuk kesehatan

Manfaat kentang selain bisa diolah menjadi berbagai makanan, keripik kentang, donat, dioseng, kentang goreng, perkedel, dan makanan pokok lainnya, ternyata mempunyai manfaat yang banyak bagi kesehatan.

Manfaat kentang bagi kehidupan manusia antara lain dalam bidang :

    1. Kesehatan Kulit
    2. Penyembuhan dan Pencegahan Penyakit

Berikut penjelasan manfaat kentang ini secara lebih rinci:

Manfaat 1 > Kesehatan Kulit

Kentang mengandung mineral, sumber vitamin C dan vitamin B kompleks yang bermanfaat dan baik untuk kesehatan kulit.

Agar kulit wajah Anda sehat selalu dan tampak cerah, rutinlah mengkonsumsi kentang, atau menjadikan kentang menjadi masker, cukup dengan menumbuk kentang dan mencampurkan madu secukupnya.

Manfaat 2 > Penyembuhan dan Pencegahan Penyakit

– Menurunkan Berat Badan

Anda yang sedang melakukan program diet, mengkonsumsi kentang bisa menutupi kebutuhan karbohidrat Anda. Karena itulah, banyak yang menjadikan kentang ini sebagai pengganti nasi, karena kandungan glikemic index nya lebih rendah dari pada nasi sehingga awet kenyang.

- Mengatasi Radang Perut

Molekul antibakteri, kandungan vitamin B, vitamin C dan kalium mampu mengatasi peradangan perut dengan baik. Menurut peneliti Ian Roberts, profesor mikrobiologi di Fakultas Biologi, Universitas Manchester, jus kentang juga bisa untuk mencegah peradangan perut.

- Menurunkan Hipertensi (Darah Tinggi)

Dari Antara news, Peneliti dari Universitas Scranton di Pennsylvania AS melakukan penelitian pada 18 orang pria dan wanita yang diminta untuk mengkonsumsi dua sajian kentang setiap hari. Para relawan mengkonsumsi 6-7 kentang seukuran bola golf untuk makan siang dan malam. Setelah sebulan dilakukan pengujian medis dan hasilnya terdapat penurunan tekanan darah yang signifikan.

Untuk mendapatkan hasil yang signifikan sebaiknya panggang kentang dalam microwave. Perebusan atau pengukusan juga ditengarai lebih baik dari pada kentang goreng.

- Menjaga Kesehatan Jantung

Risiko terkena penyakit jantung koroner atau disfungsi jantung dapat dikurangi dengan mengkonsumsi kentang karena banyak mengandung vitamin B, vitamin C dan karotenoid. Kandungan seratnya meningkatkan fungsi insulin dan menurunkan kolesterol.

- Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Batu Ginjal terjadi karena adanya pengendapan kalsium dalam ginjal, penderitanya disarankan agar jangan terlalu banyak mengkonsunsi makanan yang berkadar protein tinggi. Kentang juga mengandung banyak magnesium yang berguna untuk menghindari pengapuran atau pengendapan kalsium di ginjal.




loading...

Artikel terkait Manfaat Kentang Untuk Kulit dan Sebagai Pencegah Penyakit