Home » Makanan dan Minuman » Manfaat Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis



jeruk nipis kesehatanRasa asam dan agak pahit adalah rasa yang dimiliki oleh jeruk nipis. Umumnya orang mengetahui manfaat jeruk nipis hanya digunakan untuk menghilangkan bau amis atau menjadi penyedap makanan, tapi banyak sekali manfaat jeruk nipis ini. Salah satunya adalah kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis melebihi kandungan vitamin c jenis jeruk lainnya, hal ini di dasarkan pada penelitian yang dilakukan para ahli.

Jeruk nipis yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Citrus Aurantium memiliki manfaat yang paling banyak di antara 1300 jenis jeruk. Sebagian besar di Indonesia, dijadikan sebagai bahan dasar ramuan obat kecantikan tradisional. Banyak manfaat yang bisa diambil dari jeruk nipis. Bagi kaum hawa yang mendambakan kulit putih dan mulus perlu berbahagia karena jeruk nipis dapat membuat kulit menjadi halus dan putih, tentu saja dengan harga yang relatif sangat murah.

Untuk kesehatan tubuh, secara umun jeruk nipis kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan yang terdapat dalam 100 gram jeruk nipis yaitu, mempunyai kandungan kalori sebesar 51 kal, lemak 0,2 g, protein 0,9 g, mineral 0,5 g, karbohidrat 11,4 g, asam askorbat 49 mg, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0,4 mg. kandungan minyak terbang juga terdapat pada daun, buah dan bunganya.

Bagaimana memanfaatkannya, apa khasiat lain dari jeruk nipis?
Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah
Bagi wajah Anda jeruk nipis sangat berkhasiat, manfaat yang diberikan jeruk nipis antara lain sebagai berikut:
1. Membuat kulit wajah lebih putih
2. Membuat kulit wajah lebih halus
3. Dapat mempercantik kulit
4. Bermanfaat merapatkan pori-pori

Seperti yang saya sebutkan di atas, bagaimana cara memperoleh manfaat jeruk nipis bagi wajah Anda? Resepnya adalah sebagai berikut:
Belah menjadi dua bagian jeruk nipis yang masih segar. Lalu daging jeruk nipis di usapkan ke bagian wajag yang kusam dan kasar. Mudah-mudahan dengan melakukan ini secara rutin wajah Anda akan lebih halus, putih dan memiliki pori-pori yang rapat.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan

Manfaat lain dari jeruk nipis selan digunakan untuk wajah, ternyata bermanfaat untuk kecantikan. Jeruk nipis membantu membuat kuku bersih dan cemerlang. Cara untuk membuat kuku bersih dan cemerlang adalah dengan menggunakan air perasan jeruk nipis yang digunakan untuk membersihkan dan menggosok kuku Anda yang kusam.

Jika Anda mempunyai rambut yang berminyak dan mudah kotor, Anda dapat menggunakan air hangat yang dicampur dengan air perasan jeruk nipis untuk mencucinya. Jeruk nipis ini mempunyai manfaat membuat rambut Anda menjadi halus, lembut dan berkilau.
Menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dapat Anda lakukan dengan cara mengusapkan air perasan jeruk nipis ke kulit kepala dan Anda tunggu selama 20-30 menit, kemudian keramaslah. Rambut kulit kepala Anda akan terhindar dari ketombe, apabila Anda melakukan resep ini sebanyak 2-3 kali.

Khasiat Jeruk Nipis untuk Jerawat

Fungsi atau manfaat jeruk nipis lainnya adalah untuk mengatasi jerawat yang tumbuh di wajah, gunakanlah air perasan jeruk nipis dan madu sebagai masker. Air perasan dari jeruk nipis dapat mengurangi minyak pada wajah, sedangkan madu yang mempunyai kandungan antiseptik bermanfaat membunuh bakteri penyebab jerawat.
Anda dapat juga mencoba khasiat dari jeruk nipis untuk membuat tubuh terlihat ramping. Rutin setiap pagi, siang dan malam, meminum perasan air jeruk nipis dengan campuran sedikit gula dan air. Kerampingan Anda akan terjaga dengan cara ini.




loading...

Artikel terkait Manfaat Jeruk Nipis