Manfaat Habatusauda untuk Kesehatan â?? Khasiat Jintan hitam



manfaat jintan hitamHabbatusauda (nigela sativa) atau dalam bahasa indonesia disebut jintan hitam sudah lama digunakan sebagai obat bahkan dalam sejarah islam, habatusauda disebut-sebut sebagai obat dari segala penyakit.

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, khasiat dan manfaat jintan hitam bagi kesehatan semakin banyak diungkap. Seperti penelitian yang dilakukan oleh Ali BH dan Blunden G dari King Saud University yang menyatakan bahwa habatusauda memiliki kemampuan perlindungan terhadap racun syaraf dan zat yang bersifat racun terhadap hati yang diinduksi oleh penyakit atau bahan kimia.

Habatusauda mengandung protein, alkaloid, saponin dan minyak atsiri yang sudah digunakan diseluruh dunia untuk mengobati asma, diare dan dislipidemia. Belakangan juga diketahui jintan hitam memiliki kemampuan:

  • anti peradangan (antiinflamasi)
  • pengurang rasa sakit (analgesik)
  • menurunkan panas berlebih (antipiretik)
  • menghambat aktivitas antimikroba
  • anti kanker (antineoplastik)

Penelitian yang dilakukan oleh Ali BH dan Blunden G yang dilakukan pada hewan percobaan tikus juga menyatakan bahwa habatusauda bahwa terjadi penurunan konsentrasi plasma kolesterol, trigliserida dan glukosa. Yang artinya habatusauda memang dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol dan membantu dalam pencegahan dan pengobatan diabetes.

Baca juga :   Kenali Penyebab Dan Jenis-Jenis Nyeri Haid

Kandungan asam linoleat (Omega 6) dan asam linolenat (Omega 3) yang terkandung didalamnya dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki peredaran darah mikro di otak.

Bagi penderita penyakit saluran pernafasan atas, habbatusauda juga telah terbukti dapat menyembuhkan termasuk diantaranya mengurangi gejala sinusits dan polip hidung karena jintan hitam memiliki properti anti inflamasi, anti histamin dan anti alergi.

kandungan sapion dalam habatusauda memiliki sifat seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi lemak, karbohidrat dan protein serta mempengaruhi fungsi syaraf, otot, ginjal dan jantung. Sapion dapat mengatasi gangguan tidur, melancarkan air susu ibu, mengurangi stress dan mempertahankan diri dari perubahan lingkungan.

Saat ini habatusauda atau jinten hitam banyak dijual dalam bentuk kapsul dan minyak yang dikemas dalam kapsul. Untuk mendapatkan efek penyembuhan yang maksimal dianjurkan untuk rutin meminumnya.

meskipun sudah terbukti secara klinis mempunyai efek penyembuhan terhadap berbagai macam penyakit tetapi beberapa sumber menyebutkan bahwa jinten hitam (nigela sativa) mempunyai efek toksik jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Jadi konsumsilah habatusauda dalam jumlah yang wajar.

Baca juga :   Kencing Keluar Batu Pencegahan dan Pengobatan



loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *