Home » Info Kesehatan » Apa Saja Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh

Apa Saja Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh



Apa Manfaat Donor Darah | Pengertian donor darah adalah sebuah proses pengambilan darah dari seseorang yg secara sukarela guna disimpan pada bank darah untuk stok darah jika kelak kemudian hari digunakan sebagai transfusi darah. Donor darah sendiri dapat dilakukan di rumah sakit, PMI, ataupun ditempat – tempat keramaian yg ditangani oleh para petugas medis yg berkeliling.

Adapun untuk orang-orang yg ingin menyumbangkan darahnya harus memenuhi syarat menjadi pendonor darah terlebih dulu. Dan beberapa syarat tersebut diantaranya adalah sehat secara jasmani maupun rohani, usia orang yg akan mendonorkan darahnya minimal berusia 17 hingga 65 tahun, memiliki berat badan sekurang-kurangnya adalah 45 kg, kadar hemoglobinnya harus lebih dari 12.5 gr% sampai dgn 17.0 gr%.
manfaat donor darah
Suhu tubuh si pendonor harus diantara 36.6 – 37.5 derajat celcius, tidak memiliki adanya gangguan pembekuan darah atau hemofilia, denyut nadi bekerja antara 50 hingga 100 kali permenitnya, dan yg terpenting ialah rentang waktu untuk penyumbangan darah sendiri minimal ialah 12 minggu atau kurang lebih 3 bulan dari waktu donor sebelumnya (sehingga maksimal melakukan donor darah ialah 5 kali dalam kurun waktu 2 tahun).

Selain itu, adapula banyak manfaat donor darah itu sendiri, terutama bagi kesehatan si pendonor. Sehingga tidak sedikit orang yang mau melakukan donor darah demi kesehatan tubuhnya agar lebih baik lagi. Bagi anda yg mungkin belum mengetahui manfaat donor darah itu sendiri, maka sekarang ini anda sedang berada pada tempat yg tepat. Karena kami akan membahas informasi manfaat donor darah bagi kesehatan.

Baca juga :   Manfaat Pemberian ASI Bagi Bayi dan Ibu

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh

Melancarkan Peredaran Darah

Darah itu sendiri memiliki tingkat kekentalan sendiri utk mengalirkan oksigen didalam tubuh kita, selain itu juga darah perlu diperbarui sel-selnya supaya lebih lancar. Dan dengan melakukan donor darah tersebut dapat membantu tubuh kita utk memproduksi sel-sel darah kembali. Dengan peredaran darah yg lancar, maka resiko untuk terkena serangan jantung dan juga penyumbatan arteri itu akan berkurang.

Membakar Kalori

Dengan kita secara rutin melakukan donor darah, ternyata dpt membantu tubuh kita utk membakar kalori. Pada saat anda melakukan donor darah yg jumlahnya adalah 500ml, maka akan terdapat 650 kalori yg terbakar. Dan bagi anda yg sekiranya sulit untuk melakukan diet namun berat badan anda ingin turun, maka salah satu caranya ialah dengan melakukan donor darah secara rutin sesuai yg telah dianjurkan.

Menurunkan Level Zat Besi

Kadar zat besi didalam tubuh kita itu sudah disesuaikan atau membutuhkan sesuai dengan kebutuhannya. Dan apabila kita terlalu banyak zat besi, maka hal tersebut justru dpt membahayakan tubuh kita. Dan dengan melakukan donor darah, kita dapat menjaga kadar zat besi dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan. Dan pastinya hal tersebut akan membuat anda menjadi jauh lebih sehat.

Baca juga :   Akibat Kekurangan Vitamin B Yang Wajib Diketahui

Dapat Fasilitas Kesehatan Secara Gratis

Sebelum anda melakukan donor darah, pastinya kondisi tubuh anda akan diperiksa terlebih dulu secara menyeluruh. Mulai dari tekanan darah, tingkat kolesterol, sampai dengan apakah tubuh anda itu terdapat sebuah penyakit yg berbahaya atau tidak. Dan hal tersebut juga pastinya akan lebih menguntungkan anda, karena anda dapat melakukan cek kesehatan secara gratis atau tanpa mengeluarkan biaya.

Kiranya pembahasan mengenai Apa Saja Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh dari kami ini cukup sekian saja dulu, semoga saja informasi tentang manfaat donor darah yg baru saja kami bahas diatas tadi itu dapat membuat anda untuk ikut melakukan donor darah. Karena terdapat banyak manfaat pada saat kita melakukan donor darah. Dan bagi anda yg mungkin ingin mengetahui kembali beberapa infromasi lainnya yg berhubungan dengan kesehatan, maka silahkan saja bagi anda utk kembali melihat cara meredakan jerawat meradang yg beberapa waktu lalu baru saja kami bahas utk anda.




loading...

Artikel terkait Apa Saja Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh