Manfaat Daun Sirsak Meredakan Demam Sampai Pengobatan Kanker



daun sirsak maupun buah sirsak telah dikenal memiliki manfaat kesehatan. Daun sirsak telah lama digunakan sebagai obat herbal dan sering diracik bersama bahan-bahan lainnya. Beberapa manfaat dari daun sirsak antara lain:

Manfaat Pencernaan

Di Karibia dan Amerika selatan buah sirsak digunakan sebagai obat disentri dan diare, sedangkan memakan daun sirsak dilaporkan dapat membantu membunuh cacing pita dan parasit dalam pencernaan. Jus ini juga diduga membantu membersihkan tubuh dari racun dan parasit berbahaya.

Daun sirsak untuk mengobati demam

teh daun sirsakDibeberapa negara seperti Jamaika, India barat dan Haiti daun sirsak telah lama digunakan untuk mengobati demam. Campuran jus buah sirsak dan daun sirsak dapan menurunkan suhu tubuh yang terlalu tinggi. Menurut database Raintree Nutrition’s Tropical Plant, Dalam budaya peru, teh daun sirsak dan kulit kayunya sering digunakan untuk meredakan inflamasi (peradangan) selaput lendir serta pendinginan pada orang dengan demam.

Depresi

Beberapa ahli herbal percaya alkaloid dalam daun sirsak dapat mengurangi gejala depresi dengan menghambat penyerapan serotonin dalam otak. Serotonin mengatur suasana hati dan emosi seperti kebahagiaan dan kesedihan. Penelitian tentang alkaloid sirsak menunjukkan, bagaimanapun, bahwa senyawa kimia ini dapat menyebabkan efek buruk pada sistem saraf dan menyebabkan penyakit Parkinson jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Jadi gunakanlah secukupnya saja.

Baca juga :   Menghilangkan Kulit Kusam dengan Tomat

Obat penenang

Sejumlah orang d Amerika Selatan dan Karibia  menggunakan daun sirsak, serta akar tanaman dan kulit kayu, sebagai obat penenang. Tanaman ini juga digunakan untuk mengobati masalah jantung. Efek yang tepat, atau efek samping, atas penggunaan tersebut tidak diketahui, dan tidak ada penelitian ilmiah terkemuka telah dilakukan yang dapat mendukung klaim ini.

Kanker

Meskipun tidak ada penelitian ilmiah yang dilakukan pada manusia, penelitian laboratorium memiliki bukti yang meyakinkan untuk mendukung klaim bahwa daun sirsak memiliki kemampuan menyembuhkan kanker. Tidak ada obat kanker dengan daun sirsak , tetapi biasanya teh sirsak+madu atau ekstrak daun sirsak digunakan sebagai suplemen selama terapi kanker. Bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu jika Anda berencana untuk mengkonsumsi suplemen daun sirsak untuk membantu mengobati kanker.

Tidak hanya itu daun sirsak juga dapat digunakan untuk membunuh kutu rambut kepala dan kutu busuk. Ekstrak daun maupun tehnya juga dipercaya berfungsi sebagai analgesik (obat penghilang rasa sakit) dan antispasmodic (anti kejang,kaku otot)

Baca juga :   Limfedema, Pembengkakan Kelenjar Getah Bening



loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *