Home » Tips Sehat » Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih



Nama latin dari sirih adalah Piper betle L yang mempunyai kandungan minyak atsiri. Manfaat atau khasiat dari daun sirih sangatlah banyak. Contoh manfaat dari daun sirih dapat digunakan untuk mengatasi bau badan dan mulut, mimisan, sariawan, koreng dan gatal-gatal, serta pada wanita digunakan untuk mengobati keputihan. Ini karena zat antiseptic yang dikandung oleh sirih yang mampu membunuh kuman. Dibandingkan dengan fenol biasa, kandungan fenol dalam sifat antiseptiknya lima kali lebih efektif.

Sifat hangat dan pedas yang dimiliki oleh daun sirih sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Banyak yang menggunakan daun sirih untuk pengobatan tradisional seperti menghentikan batuk, mengurangi peradangan, meluruhkan kentut dan menghilangkan gatal. Di India pengobatan tradisional dengan menggunakan daun sirih lebih dikenal sebagai zat aromatik yang menghangatkan, menigkatkan gairah seks dan bersifat antiseptik.

Adanya sifat antiseptik yang dimiliki oleh sirih yang digunakan untuk menyembuhkan luka pada kaki dan kandungan styptic yang ada untuk membantu menahan pendarahan dan vulnerary, yang menyembuhkan luka pada kulit. Untuk memperbaiki suara penyanyi daun sirih dapat dikunyah.

Hasil dari penelitian yang dikutip oleh buku tanaman obat terbitan Kebun Tanaman Obat Karyasari diungkapkan bahwa sirih juga mengandung arecoline di seluruh bagian tanaman. Manfaat dari zat ini adalah untuk meningkatkan gerakan peristaltic dan merangsang saraf pusat dan daya pikir, serta untuk meredakan dengkuran. Adanya kandungan eugenol yang terdapat di daun sehingga daunnya pun mempunyai beberapa manfaat antara lain mampu mencegah ejakulasi dini, membasmi jamur candida albicans dan bersifat analgesik.

Kandungan tannin yang terdapat di daun juga bermanfaat untuk melindungi fungsi hati, mencegah diare, dan mengurangi sekresi cairan pada vagina. Hasil uji klinis menyebutkan bahwa daun sirih dapat juga digunakan untuk obat keputihan dan diungkapkan oleh Amir Syarif dari Bagian Farmakologi Universitas Indonesia. Beliau mengatakan bahwa bahwa daun sirih punya khasiat yang lebih bermakna dibandingkan dengan plasebo.

Sumber lain:

Pengobatan terhadap batuk dapat dilakukan dengan mengambil 15 lembar daun sirih yang direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 3/4 â??nya dan kemudian  minum dengan madu. Untuk pengobatan bronchitis dapat dilakukan dengan mengambil 7 lembar daun sirih dicampur dengan gula batu satu potong kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas. Minumlah ramuan tadi 3x 1/3 gelas. Menghilangkan bau badan, ambil 2 gelas air kemudian tambahkan 5 lembar daun sirih dan rebus hingga menjadi satu gelas, minum pada saat siang hari.

Apabila Anda terkena luka bakar, daun segar kemudian diperas dan ambil airnya, tambahkan sedikit madu, kemudian bubuhkan di tempat yang kena luka bakar. Mimisan gunakanlah daun yang muda satu lembar kemudian dilumatkan, digulung dengan tujuan mengeluarkan minyaknya kemudian digunakan untuk menyumbat hidung yang berdarah.

Untuk keputihan, gunakanlah 2,5 liter air untuk merebus 7-10 lembar daun sirih. Setelah air menjadi hangat kemudian gunakan untuk membasuh kemaluan dan membersihkan kemaluan secara berulang-ulang. Lebih praktisnya lagi, Anda dapat menggunakan pembersih atau sabun yang berbahan sabun sirih, yang sekarang sangat pupuler disebut dengan sabun sirih.

Jika Anda mempunyai masalah dengan bau mulut, gunakan dua sampai empat lembar daun sirih kemudian diremas lalu diseduh dan dipakai buat berkumur. Sedangkan untuk jerawat, tumbuk sampai halus tujuh sampai sepuluh daun sirih lalu seduh dengan dua gelas air panas dan airnya digunakan untuk cuci muka pada bagian yang berjerawat. Baiknya dilakukan dua sampai tiga kali sehari. Banyak sekali manfaat dari daun sirih sehingga banyak orang yang membudidayakan tanaman ini.


Iklan

Artikel terkait Manfaat Daun Sirih

daun sirih. obat koreng di kaki. contoh daun sirih. obat untuk menghilangkan koreng di kaki memakai daun sirih. Sabun buat orang koreng.