Manfaat Daun Jeruk Nipis Untuk Membasmi Jentik Nyamuk



manfaat daun jeruk nipisKita mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jeruk nipis, buah yang satu ini biasanya mudah untuk ditemui di wilayah tropis. Di Indonesia jeruk nipis bukanlah buah yang asing, tetapi buah ini sudah sangat bersahabat dengan masyarakat Indonesia.

Selain dari rasanya yang khas, kita juga sudah mengenal beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Dari banyak nya manfaat ini masyarakat Indonesia sudah tahu betul tentang cara membuat ramuan tradisional yang berbahan utama buah maupun dari daun jeruk nipis. Beberapa kandungan jeruk nipis juga dimanfaatkan secara komersial dalam berbagai produk kecantikan, kesehatan atau hanya sekedar sebagai aroma therapy yang menyegarkan.

Apalagi nenek moyang kita yang sudah mengerti ramuan jeruk nipis dan sampai saat ini ramuan tradisional itu masih tetap bertahan secara turun-menurun. Selain dari orang Indonesia, orang asing pun ternyata sudah tidak meragukan lagi akan khasiat ramuan tradisional yang di buat oleh orang indonesia. Dalam beberapa kasus, mereka lebih memilih yang tradisional daripada yang mengandung bahan-bahan kimia, mereka lebih menyukai bahan organik disamping slogan yang belakangan ini berkembang di barat â??back to natureâ?.

Memang obat-obatan yang mengandung bahan kimia lebih cepat, tetapi kekurangannya masih banyak efek samping yang di sebabkan oleh obat itu sendiri. Berbeda dengan ramuan tradisional, lebih lambat tetapi efektif dalam menyembuhkan penyakit dengan lebih sedikit efek samping yang akan di terima oleh yang mengkonsumsinya.

Baca juga :   Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Manfaat daun jeruk nipis sebagai larvasida nyamuk

Senyawa yang terkandung dalam daun jeruk nipis adalah Senyawa limonoid yang merupakan teranoriterpen yang terdapat dalam daun jeruk nipis (Robinson, 1994) yang berguna sebagai antifeedant terhadap serangga, zat pengatur tumbuh dan zat toksik pada kutu beras, larvasida, anti mikroba, penolak serangga (repellent) dan penghambat reproduksi (Jiaxing, 2001).

Dari pengertian diatas, pembaca mungkin akan lebih yakin lagi terhadap ramuan tradisional Indonesia. Khususnya manfaat daun jeruk nipis yang bisa menghambat pertumbuhan jentik-jentik nyamuk. karena jika tidak dibasmi dari mulai lahir nyamuk-nyamuk penyebab demam berdarah (DBD) akan semakin banyak dan semakin sulit untuk di hilangkan.

Sebagai pembasmi dan pengusir nyamuk, manfaat Daun jeruk nipis bisa digunakan untuk pengganti obat nyamuk semprot atau obat nyamuk bakar. Karena pada saat ini nyamuk demam berdarah sudah merupakan momok menakutkan bagi warga Indonesia, karena jenis nyamuk ini dapat memberikan virus kepada penderitanya menjadi kehilangan daya tahan tubuh, panas mendadak dan terjadi pendarahan. Ini disebabkan oleh Virus demam berdarah yang mengandung nukleoprotein yang dibungkus semacam amplop (envelope) disebut capsid selalu memerlukan kehidupan lain atau yang sering disebut inang untuk melanjutkan keberadaannya.

Baca juga :   Kenali Ciri Ciri Gejala Cacar Air Pada Anak Sejak Dini

Dalam hal ini nyamuk Aedes aegypti sebagai inang, karena hanya dalam tubuh nyamuk Aedes virus dapat bereplikasi. Dan lebih fatalnya lagi jenis nyamuk ini akan membuat penderitanya meregang nyawa. Maka dari itu manfaat daun jeruk nipis akan sangat membantu membasmi jentik nyamuk. Karena hanya dengan cara mengambil sari minyak dalam daun jeruk nipis dan menebarkannya di bak mandi dan genangan air yang berada di rumah kita.

Daun jeruk nipis mengandung senyawa limonoid yang berfungsi sebagai racun dalam perut nyamuk Aedes aegypti. Jika minyak daun jeruk nipis tadi dimasukkan ke bak mandi maka senyawa limonoid akan termakan oleh nyamuk dan mengakibatkan pencernaan nyamuk rusak.

Bagi anda yang tingga di daerah dengan banyak nyamuk, manfaat daun jeruk nipis ini bisa dimaksimalkan untuk mengurangi populasi jentik nyamuk disekitar rumah dengan biaya murah.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *