Home » Tips Sehat » Manfaat dan Khasiat Gamat

Manfaat dan Khasiat Gamat



Manfaat Gamat

Manfaat Gamat

Gamat atau teripang merupakan hewan laut yang masuk dalam golongan keluarga holothuroidea. Hewan ini memiliki permukaan kulit agak kasar dan tubuh agak memanjang. Hewan ini banyak ditemukan di seluruh dunia dan hidupnya di dasar laut. Makanan dari gamat adalah plankton serta bahan organik lainnya yang ada di dasar laut. Dalam berkomunikasi dengan sesamanya, gamat menggunakan sinyal berupa hormon yang dikirim dengan perantara air dan kemudian gamat lainnya menerima sinyal itu.

Beberapa spesies gamat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama dari gamat emas. Gamat dapat dibuat sebagai lotion dengan cara gamat dikeringkan dan dibuat serbuk. Untuk digunakan secara internal dapat dijadikan ekstrak. Menurut kepercayaan masyarakat, gamat memiliki khasiat untuk mengobati luka kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, ulkus lambung (maag), dan yang lainnya. Manfaat yang terkandung dalam jelly gamat atau  sea cucumber untuk kesehatan sangatlah banyak, seperti membantu mempercepat penyembuhan dari berbagai penyakit.

Selain itu kandungan zat yang ada dalam gamat atau jelly gamat adalah:

1.            Mengandung 80% kolagen

2.            Mengandung 86,8 protein

3.            Mineral

4.            Antiseptic alamiah

5.            Chondroitin

6.            Omega 3, 6 dan 9

7.            Asam amino

Di dalam sea cucumber/gamat ditemukan sekitar 50 jenis kandungan aktif biologi. Dari 50 jenis kandungan aktif tersebut ada beberapa kandungan aktif yang penting, antara lain:

Baca juga :   Pentingnya Mengontrol Kolesterol Anda

1. Kolagen, manfaat buat kesehatan:

  • Membuat luka cepat sembuh.
  • Mencegah osteoporosis serta membantu memelihara kesehatan sendi dan tulang.
  • Memperlambat penuaan dini, kulit terlihat lebih muda, dan meningkatkan kecantikan.
  • Sangat baik untuk kesehatan paru-paru.
  • Membantu mengatasi penyakit maag atau lambung.

2. Protein Asam Amino

  • Ada 9 asam amino esensial yang terdapat dalam 18 asam amino.
  • Memperbaiki jaringan dan komponen buat pertumbuhan sel-sel baru.
  • Banyak mengandung arginin yaitu komponen yang menyusun sperma dan kolagen.
  • Pembentuk enzim, anti bodi dan hormon.

3. Protein Lektin

Pada sea cucumber terdapat lektin yang tidak berpengaruh pada tipe golongan darah. Lektin tersebut mempunyai efek positif terhadap perlawanan virus HIV serta memiliki aktivitas anti kanker. Bersama dengan asam amino trypsin lektin tersebut dapat meningkatkan aktifitas agglutinasi yaitu aktifitas darah untuk memproses pembentukan antibody dari serangan mikroorganisme atau bakteri yang dapat menginfeksi dalam darah.

4. Glukosaminoglykan

  • Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, anti tumor dan kanker.
  • Membuat luka cepat sembuh, mengurangi rasa sakit, mencegah inflamasi.
  • Mencegah penggumpalan darah, membantu mengurangi kadar gula darah dan kekentalan darah.
  • Meningkatkan kadar insulin
  • Mengurangi arthritis dan persendian sakit.
Baca juga :   Khasiat Madu untuk Perawatan Kulit

5. Omega 3 , Omega 6 dan Omega 9

  • Menutrisi jantung dan otak.
  • Mengontrol tekanan darah, memelihara sirkulasi darah, mengendalikan lemak darah, serta mencegah atau menghambat penyakit kardiovaskular.
  • Menurunkan risiko penyakit jantung.

Penelitian terus dilakukan untuk mengetahui efektifitas gamat untuk mengobati perbaikan jaringan tubuh. karena banyak yang berpendapat bahwa kandungan ekstrak gamat banyak mengandung asam-asam lemak yang berfungsi dan berperan aktif dalam memperbaiki jaringan tubuh.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 telah membuktikan bahwa kandungan senyawa lektin yang terdapat dalam satu spesies gamat, cucumaria echinata mempunyai kemampuan untuk menghambat perkembangan parasit malaria yang dihasilkan nyamuk transgenik.

Dua buah penelitian yang dilakukan di Spanyol dan Filipina membuktikan bahwa kandungan lektin yang terdapat pada gamat mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kandungan senyawa-senyawa yang terdapat dalam gamat mempunyai manfaat untuk kesehatan. Beberapa klaim menyebutkan bahwa gamat berkhasiat untuk obat diabetes, penstabil hipertensi, anti inflamasi, mencegah anemia, menurunkan kolesterol, serta melancarkan sirkulasi darah.

 




loading...

Artikel terkait Manfaat dan Khasiat Gamat