Manfaat Cabai (II) Sebagai Antioksidan Dan Pencegah Penyakit Jantung



Manfaat Cabai

Cabai adalah anggota dari keluarga merica yang merupakan sumber besar dari Vitamin A, beberapa vitamin B, C, vitamin E dan K, beta-karoten, kalium, lutein, dan zeaxanthin. Komponen aktif dari cabai adalah capsaicin. Keluarga cabai termasuk cabai, cabe merah, paprika dan jalapeno. Dengan banyaknya kandungan diatas, berikut akan diulas manfaat cabai bagi kesehatan secara umum.

Manfaat Cabai Bagi Kesehatan

Manfaat Cabai Untuk Menekan gula darah. Penelitian American Journal of Clinical Nutrition (2006) menunjukkan konsumsi rutin cabai dapat membantu menurunkan tingkat insulin tubuh yang sangat baik bagi penderita diabetes.

Manfaat Cabai Untuk Antioksidan yang baik. Cabai mengandung vitamin A dan C yang sangat baik sebagai antioksidan. Manfaat cabai sebagai Antioksidan yang kuat dapat membantu untuk menghapus radikal bebas yang mengoksidasi kolesterol dan menyebabkan penyakit jantung. Cabai juga membantu untuk mencegah kerusakan sel, dan penyakit yang berhubungan dengan penuaan, mereka juga dikenal sebagai pendukung kekebalan tubuh. Peradangan yang ditemukan dalam arthritis dan asma juga dapat dikurangi dengan vitamin A dan C yang terkandung didalam cabai. Vitamin K membantu memperkuat tulang, darah yang tepat pembekuan, dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif.

Manfaat Cabai Untuk Kesehatan Jantung dan Menekan Kolesterol. Paprika merah adalah pilihan yang cocok untuk kesehatan jantung karena mereka kaya dengan likopen. Paprika hijau mengandung serat larut yang efektif untuk menurunkan kolesterol. Mereka membantu memperkuat pembuluh darah dan menjadikannya elastis, sehingga mereka dapat lebih baik mengatasi fluktuasi tekanan darah. Paprika mengandung folat dan B6 yang dapat menurunkan kadar homosistein yang dapat memicu penyakit jantung.

Manfaat Cabai Untuk Mempercepat Metabolisme dan Berat Badan. Manfaat cabai berikutnya yaitu mempercpat metabolisme dan menurunkan berat badan Anda karena Cabai dapat mengurangi nafsu makan Anda dengan membuat Anda merasa kenyang lebih cepat. Capsaicin meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan suhu tubuh dengan membuat pembuluh darah melebar. Hal ini pada gilirannya menyebabkan metabolisme tubuh meningkat. Efek ini juga mengurangi akumulasi lemak tubuh.

Manfaat Cabai Untuk Menjaga Kesehatan Perut. Capsaicin dapat membantu membunuh bakteri di dalam perut seperti H. pylori yang dapat menyebabkan bisul. Tidak hanya itu tetapi capsaicin juga membantu merangsang sel muccosal yang akan menghasilkan lendir untuk melapisi usus dengan lapisan pelindung. Cabai juga membantu menghilangkan kelebihan gas dalam perut.

Manfaat Cabai Untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru. Makan cabai akan membersihkan hidung dan selaput lendir dalam paru-paru. Anda juga akan mendapatkan manfaat cabai yang lain yaitu berkeringat, yang akan mengeluarkan sebagian racun dalam tubuh. Cabai juga membantu penderita asma untuk bernapas lebih mudah.

Nah, itulah manfaat cabai untuk kesehatan Anda. Namun, disarankan jangan memakan cabai terlalu banyak, karena tidak dianjurkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, dan mari hidup sehat.




Manfaat Cabai (II) Sebagai Antioksidan Dan Pencegah Penyakit Jantung | mysite | 4.5