Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan



buah tomatBuah tomat adalah buah yang sangat familiar bagi kita. Buah ini banyak dimanfaatkan sebagai jus, memang tidak diragukan lagi bahwa tomat adalah buah yang super. Di dalam buah ini terdapat vitamin, serat, dan antioksidan. Tomat adalah satu jenis makanan yang sangat baik untuk kesehatan, Anda harus memasukannya dalam menu makanan. Buah ini bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker prostat, membantu untuk menurunkan berat badan yang berlebih, tomat mempunyai beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kanker Prostat

Senyawa antioksidan terdapat pada semua sayuran berwarna, senyawa antioksidan berfungsi mencegah terbentuknya sel-sel kanker. Antioksidan yang terdapat pada tomat adalah lycopene. Menurut Journal of National Cancer, tahun 2007 menuliskan lycopene yang terdapat pada tomat sangat membantu mengurangi risiko kanker prostat. Banyak dihubungkan antara konsumsi tomat yang teratur atau beberapa produk dari tomat seperti saus membantu menurunkan risiko kanker prostat sebesar 15%.

Mengendalikan Berat Badan

Anda dapat memilih tomat dan sayuran sebagai bahan makanan yang rendah kalori untuk membantu menurunkan berat badan. Tomat juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Ketika diet, serat dalam makanan sangat membantu untuk menjaga nafsu makan. Pertimbangkanlah tomat untuk ditambahkan dalam makanan yang rendah kalori, misalnya salad, cabai dan sayuran panggang.

Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Untuk orang dewasa membutuhkan vitamin C sebanyak 75mg/hari. Ini sangat membantu untuk memaksimalkan kesehatan secara keseluruhan dan sistem kekebalan tubuh. Menurut Department of Agriculture, Amerika, mengatakan bahwa satu cangkir tomat cingcang mempunyai kandungan vitamin C sebanyak 25 gram.

Penyakit Jantung

Sayuran sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung, sayuran membantu mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kadar gula dalam darah supaya dalam kisaran yang sehat. Pada tahun 2007, Singapore Medical Journal, menyatakan bahwa kandungan antioksidan yang ada pada tomat sangat baik dalam menghentikan kerusakan arteri jantung yang mendahului terjadinya pembentukan plak.

Osteoporosis

Osteoporosis merupakan suatu kondisi medis yang umumnya terjadi pada orangtua yang mengakibatkan peningkatan risiko cacat dan patah tulang. Kandungan antioksidan lycopene yang terdapat pada tomat mampu melindungi tulang dari kerusakan yang akan berkonstribusi pada massa tulang yang rendah.




Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan | mysite | 4.5