Manfaat Buah Sirsak



Buah sirsak, adakah yang tidak mengenal buah segar yang kaya akan manfaat ini? Buah ini mempunyai rasa yang asam manis dan sangat cocok dijadikan jus.

Perlu Anda tahu, bahwa buah yang berasal dari daratan Amerika ini mempunyai manfaat yang tersembunyi dalam rasanya yang asam manis.

Buah sirsak ini mempunyai daging yang putih serta mempunyai kandungan vitamin C dan juga zat gizi seperti berbagai macam asam organic non volatile yang dibutuhkan tubuh dan karbohidrat. Buah ini juga berguna untuk mengobati penyakit ganas seperti tumor dan kanker.

Buah sirsak memang kaya akan komponen gizi, tetapi buah sirsak juga mempunyai banyak kandungan non gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti senyawa fitokimia dan serat.

Kandungan dan Manfaatnya bagi tubuh

Serat dari buah sirsak sangat baik untuk mengatasi masalah sembelit serta adanya kandungan asam yang ada dalam buah sirsak membantu meningkatkan antioksidan dalam tubuh. sehingga membantu tubuh untuk lebih terjaga dari serangan radikal bebas dan membantu tidak cepat terlihat tua karena keremajaan kulit selalu tarjaga.

Bagian dari buah sirsak dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka agar cepat sembuh dan dapat menghindarkan Anda dari infeksi bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan peradangan. Buah ini sangat aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama karena buah ini tidak memiliki banyak kandungan lemak dan tidak menimbulkan obesitas.

Baca juga :   Kandungan Yogurt Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Buah ini juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis dalam tubuh karena adanya kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi dalam buah sirsak.

Alternatif Lain dari Kemoterapi

Salah satu alternatif untuk menyembuhkan kanker adalah dengan mengkonsumsi buah sirsak. Apabila seorang pasien kanker rutin dalam mengkonsumsi buah sirsak, mempunyai kemungkinan bahwa pasien kanker tersebut tidak perlu mendapat perawatan kemoterapi.

Dalam memerangi kanker, buah sirsak dinilai lebif efektif karena zat dalam buah sirsak hanya akan menyerang sel-sel jahat kanker dan juga tidak berbahaya untuk sel baik yang dibutuhkan tubuh.

Ada beberapa macam sel kanker yang dapat diatasi oleh buah sirsak antara lain yaitu kanker payudara, usus, paru-paru, prosata dan pankreas. Mengkonsumsi buah sirsak juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat terlihat lebih segar.

Jika Anda mengkonsumsi jus buah sirsak dua kali sehari, maka dapat membantu mengatasi masalah hati, penyakit ginjal, infeksi saluran kemih, dan hematuria atau darah dalam urine.

Baca juga :   Makanan yang Mempunyai Sumber Kolesterol Baik

Kandungan Gizi Buah Sirsak

Prosentase buah sirsak yaitu 67,5% daging buah, 20% kulit buah, 8,5% biji buah dan 4% inti buah. Kandungan terbanyak dalam sirsak adalah air, sedangkan kandungan gizi terbanyak kedua adalah karbohidrat. Gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) adalah salah jenis karbohidrat yang ada pada buah sirsak. Untuk kadar gula totalnya 81,9% – 93,6%. Lemak yang dihasilkan dari buah sirsak sangat sedikit yaitu 0,3g/100g sehingga sangat baik untuk kesehatan. Pada buah sirsak rasa asamnya berasal dari asam malat, asam organic non volatile, asam sitrat dan asam isoitrat.

Vitamin C adalah vitamin yang paling dominan pada buah sirsak, yaitu sekitar 20mg per 100g daging buah. Dalam sehari seseorang membutuhkan sekitar 60mg vitamin C, jadi dapat dipenuhi kebutuhannya hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Buah sirsak mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang merupakan antioksidan yang sangat baik untuk memperlambat proses penuaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Fosfor dan kalsium adalah mineral yang cukup dominan, masing-masing sebesar 27 dan 14mg/100g. sangat penting sekali mineral tersebut untuk pembentukan masa tulang, berguna untuk menghambat osteoporosis dan untuk membentuk tulang yang kuat.




loading...