Home » Makanan dan Minuman » Manfaat buah pisang Untuk Kesehatan

Manfaat buah pisang Untuk Kesehatan



manfaat buah pisangAda banyak manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh kita. Buah yang bertandan dan tersusun seperti jari-jari ini merupakan sumber karbohidrat, vitamin dan mineral terutama kalium. Rasanya manis, mudah dikonsumsi dan dapat diolah menjadi makanan dengan berbagai variasi.

Berdasarkan cara mengkonsumsinya buah pisang dibedakan menjadi dua jenis yaitu pisang meja dan pisang olahan. Pisang meja dapat langsung dimakan misalnya pisang susu, sunripe, ambon, dan pisang raja sedangkan pisang olahan perlu dimasak terlebih dahulu supaya enak rasanya contoh pisang olahan yaitu pisang tanduk, siam, kepok dan pisang uli.

Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman jenis pisang yang banyak dan menjadi salah satu negara pengekspor buah pisang. Karena jumlahnya yang melimpah, harga pisang di dalam negeri juga cukup terjangkau.

Rasanya yang enak dan manis membuat pisang jadi favorit banyak orang. Pisang bisa dibuat gorengan, direbus, dibuat keripik, sale pisang, kolak dan berbagai macam cara pengolahan lainnya.

Ada beberapa kandungan gizi buah pisang yang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan tubuh kita. Dari whfoods satu buah pisang dengan berat kurang lebih 118 gram memiliki kandungan:

Baca juga :   Manfaat Kopi Selain Menghilangkan Kantuk
Nutrisi Kebutuhan harian
vitamin B6 21.5%
vitamin C 17.1%
mangan 16,00%
serat 12.2%
potassium/kalium 12,00%
kalori (105) 5,00%
Vitamin A  1,50%

Kalsium dan besi dalam jumlah kecil

Manfaat buah pisang

Tahukah anda bahwa nutrisi pisang lebih baik dari apel? Bahkan kulit pisang pun punya manfaat tersendiri, baca manfaat kulit pisang untuk kesehatan. Selain sebagai sumber energi, daging buah pisang juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah pisang:

1. Sumber Energi

Pisang merupakan sumber karbohidrat yang baik. Berdasarkan tabel diatas, satu buah pisang kecil berukuran 100 gram menyediakan 100 kalori, merupakan sumber energi instan. Karbohidrat dan dalam pisang merupakan karbohidrat sehat sehingga banyak olahragawan memanfaatkannya sebagai sumber energi.

2. Manfaat buah pisang untuk memperbaiki mood

Zat yang mempengaruhi mood dalam buah pisang adalah triptofan yang dapat menaikan kadar serotonin. Mengkonsumsinya secara teratur dapat membuat mood menjadi lebih positif.

3. Perlindungan terhadap sistem kardiovaskular

Jantung dan pembuluh darah adalah salah satu sistem yang sangat penting. Kandungan kalium tinggi menjaga keseimbangan cairan, impul syaraf, kontraksi otot jantung. Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk sistem kardiovaskuler. Diet tinggi serat diasosiasikan dengan menurunnya LDL, menurunkan resiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah pada hipertensi.

Baca juga :   Akibat Kekurangan Vitamin B Yang Wajib Diketahui

4. Mencegah batu ginjal sekaligus menjaga kepadatan tulang

Kebiasaan masyarakat perkotaan yang suka makanan cepat saji dengan kandungan garam tinggi dapat menurunkan kepadatan tulang karena natrium membuat pelepasan kalsium dalam air kemih meningkat. Kalsium yang berlebihan dalam air kemih dapat meningkatkan resiko batu saluran kemih. Potasium yang terkandung dalam buah pisang menjaga agar tidak terjadi pengeluaran kalsium secara berlebihan oleh ginjal sehingga menurunkan resiko terbentuknya batu saluran kemih sekaligus menjaga agar tulang tetap padat.




loading...

Artikel terkait Manfaat buah pisang Untuk Kesehatan

manfaat pisang uli. khasiat pisang ulin.