Home » Info Kesehatan » Makanan dan Minuman » Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga



Sebutan lain dari buah naga adalah buah pitya atau pitahaya. Asal buah ini dari kaktus atau buah naga kaktus, dan hanya di malam hari buah ini akan mekar. Buah naga banyak kita temui pada daerah yang beriklim tropis, subtropis atau lingkungan kering, dan jarang ditemui di daerah Amerika Serikat. Buah ini dapat dikonsumsi ketika masih segar maupun sudah kering. Buah naga juga banyak menyimpan nutrisi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat dan nutrisi yang terkandung dalam buah naga:

1. Serat

Kutipan dari NaturalFoodBenefits.com, menjelaskan bahwa buah naga adalah salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Di setiap 100 gram buah naga yang masih segar terdapat sekitar 1 gram serat. Kandungan serat tersebut dapat naik ketika buah naga dikeringkan, yakni pada 100 gram buah naga yang dikeringkan terdapat 10 gram serat bahkan bisa lebih. Konsumsi dari kulit buah naga sangat baik untuk menambah kadar serat. Perlu diperhatikan, untuk kulitnya harus terbebas dari kotoran maupun jamur.

2. Kolesterol dan Lemak

Kandungan kolesterol di dalam buah naga sangat rendah, dan jumlah lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol sangatlah sedikit. Memang untuk biji-bijan yang terdapat pada buah naga mengandung lemak, tapi lemak ini adalah jenis lemak tak jenuh tunggal atau lemak yang baik. Benih-benih ini tersebar di seluruh bagian buah. Biji tersebut banyak mengandung lemak tak jenuh dan protein.

3. Vitamin dan Antioksidan

Buah naga juga banyak mengandung vitamin, kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah naga diantaranya vitamin C dan antioksidan. Namun untuk kandungan vitamin C setiap buah naga dapat berbeda-beda tergantung dari nutrisi tanah dan perbedaan yang terdapat dalam setiap buah naga. Kutipan dari Website Dragon Fruit Pitaya, menyebutkan bahwa, dengan mengkonsumsi 1 kg buah naga yang masih segar atau 100 gram buah naga kering dapat mencukupi kebutuhan vitamin C sebanyak 50% setiap harinya. Menurut Agriculture Business Week, kandungan lain yang terdapat dalam buah naga yakni vitamin B1, B2, B3, karoten dan fosfor. Seperti diketahui bahwa antioksidan sangat baik dalam menangkal radikal bebas pada tubuh, serta beberapa masalah kesehatan lainnya.

4. Mengatasi Diabetes

Buah naga diklaim dapat menurunkan dan mengontrol kadar gula pada beberapa orang yang mengalami diabetes tipe 2. Bila Anda salah satu orang yang mengalami diabetes, sebaiknya konsultasikan dengan dokter tentang konsumsi buah naga yang dapat membantu mengontrol kadar gula pasien diabetes.

5. Menetralkan zat-zat beracun

Buah naga dapat membantu untuk menetralkan zat beracun dalam tubuh, seperti logam berat. Disamping itu, tekanan darah tinggi juga dapat dikurangi dengan mengkonsumsi buah naga.

6. Menurunkan Berat Badan

Secara teratur mengkonsumsi buah naga dapat membantu menegcilkan perut dan mengurangi berat badan. Supaya hasilnya lebih maksimal, sebaiknya diimbangi dengan berolahraga.




loading...

Artikel terkait Manfaat Buah Naga