Home » Info Kesehatan » Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu



Nama ilmiah dari buah mengkudu adalah â??Morinda citrifoliaâ?, buah ini banyak ditanam di daerah yang beriklim tropis, diantaranya banyak ditemukan di Puerto Rico, Australia Utara, dan Polinesia. Penelitian yang dilakukan oleh American Association for Cancer Research, menjelaskan bahwa buah mengkudu sudah dimanfaatkan untuk kesehatan selama berabad-abad yang lalu.

Kebanyakan orang tidak memakan buah ini secara langsung, ini dikarenakan rasanya yang hambar dan mengeluarkan bau yang kurang sedap. Buah ini paling sering disajikan dalam bentuk jus buah. Disamping itu, untuk bagian buah seperti pulp, dan daun juga memiliki manfaat yang baik untuk penyembuhan.

Berikut beberapa manfaat dari buah mengkudu:

1. Anti Kanker

Jus mengkudu telah terbukti dapat memberikan perlindungan dari perkembangan kanker. Pada bulan Desember 2001 ada sebuah studi dari Annals of New York Academy of Sciences, menyatakan bahwa jus mengkudu dapat mencegah terbentuknya sel kanker, ini dikarenakan buah mengkudu mengandung antioksidan yang tinggi. The Memorial Sloan-Kettering Cancer Center di New York mengklaim bahwa  banyak laporan yang telah dilakukan di luar lingkungan hidup (in vitro) pada hewan yang menunjukkan bahwa ekstrak buah mengkudu memiliki sifat anti tumor.

Baca juga :   Makanan Yang Baik Bagi Penderita Diabetes

2. Perlindungan Hati

Pada bulan Juni 2008, ada sebuah penelitian yang telah dipublikasikan dalam Journal of Plant Foods for Human Nutrition menunjukkan bahwa tikus yang mengkonsumsi mengkudu memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kerusakan hati. Sedangkan pada penelitian terbaru menunjukkan bahwa jus mengkudu memberikan perlindungan terhadap hati dari kerusakan. Untuk Anda yang mengalami kerusakan hati, sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi jus mengkudu.

3. Anti Inflamasi dan Kekebalan Tubuh

Penelitian Phytotherapy yang dilakukan pada 22 Juni 2009, menemukan bahwa buah mengkudu dapat menghilangkan rasa sakit. Penelitian ini dilakukan oleh University Clinic in Hamburg, dari Jerman menyimpulkan bahwa ekstrak dari buah mengkudu mampu menghilangkan rasa sakit serta mengurangi jumlah kerusakan sendi yang diakibatkan peradangan arthtritis. Penelitian yang telah dipublikasikan dalam Journal of Ethnopharmacology pada 12 Februari 2008, menunjukkan bahwa, ketika jus mengkudu di uji secara in vitro pada tikus mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini sangat baik untuk mereka yang terkena penyakit atau kondisi medis lainnya yang menyebabkan mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.

4. Mengatasi Sakit Maag

Baca juga :   Penyebab Nyeri Tulang

Pada 4 Desember 2009, Journal of Scientific Research menjelaskan bahwa, riset yang dilakukan pada tikus menunjukkan ekstrak buah mengkudu mampu mencegah lesi lambung usus. Ini dikarenakan ekstrak buah mengkudu kemampuan buah mengkudu untuk menurunkan kadar asam di perut dan meningkatkan jumlah lendir yang mampu melindungi lapisan. Buah ini sangat membantu penderita maag.

Walaupun buah mengkudu kurang menarik untuk dikonsumsi karena mengeluarkan aroma yang kurang enak , tapi Anda harus mempertimbangkan buah ini untuk menjaga kesehatan Anda. Munculnya bau tersebut dikarenakan ada pencampuran antara asam kaproat dengan asam kaprik, hal ini yang menimbulkan bau tengik. Sekarang juga sudah tersedia ekstrak buah mengkudu dalam bentuk suplemen makanan. Tapi ada baiknya untuk dikonsultasikan dengan dokter sebelum Anda mengkonsumsi suplemen ini dalam dosis yang besar.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam buah mengkudu seperti  Zat nutrisi, trepenoid, zat anti bakteri, scolopetin, zat anti kanker, xeronin dan proxeronin.




loading...

Artikel terkait Manfaat Buah Mengkudu