Home » Makanan dan Minuman » Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan



Manfaat Apel untuk kesehatanBuah apel dengan bentuknya yang bulat menyimpan banyak manfaat. Kesehatan Anda akan terjaga jika Anda rutin mengkonsumsi buah apel. Buah apel memiliki beberapa jenis, diantaranya apel malang, apel manalagi, Red Delicious, Golden Delicious, Gala dan lain sebagainya.

Kebanyakan apel baik dimakan dalam keadaan tidak dimasak tetapi bisa juga diolah menjadi saus apel atau sari buah apel dan sebagainya

 

 

 

Nutrisi buah apel

Nilai nurtrisi per 100 g (3.5 oz)
Energi 218 kJ (52 kcal)
Karbohidrat 13.81 g
- Gula 10.39 g
- Serat pangan 2.4 g
Lemak 0.17 g
Protein 0.26 g
Air 85.56 g
Vitamin A equiv. 3 ?g (0%)
Thiamine (Vit. B1) 0.017 mg (1%)
Riboflavin (Vit. B2) 0.026 mg (2%)
Niacin (Vit. B3) 0.091 mg (1%)
Pantothenic acid (B5) 0.061 mg (1%)
Vitamin B6 0.041 mg (3%)
Folate (Vit. B9) 3 ?g (1%)
Vitamin C 4.6 mg (8%)
Calcium 6 mg (1%)
Iron 0.12 mg (1%)
Magnesium 5 mg (1%)
Phosphorus 11 mg (2%)
Potassium 107 mg (2%)
Zinc 0.04 mg (0%)

Manfaat buah apel untuk kesehatan memang sangat banyak. Beberapa orang mempercayai buah apel dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti:

  1. Mencegah penyakit Asma
  2. Apel Melindungi Tulang dan Gigi
  3. Mencegah penyakit AlZheimer
  4. Mengendalikan Diabetes

Dari daftar penyakit di atas, menunjukkan bahwa buah apel mempunyai peran yang penting dalam kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari buah apel, perlu melakukan beberapa cara berikut:

1.       Mencegah Penyakit Asma

Buatlah buah apel menjadi jus buah, berikanlah secara rutin pada anak balita Anda. Ini membantu mengurangi risiko terkena penyakit asma ketika anak Anda menginjak usia dewasa.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di American Journal Of Respiratory Critical Care Medicine, para peneliti dari Inggris menemukan bahwa orang dewasa yang memakan setidaknya 2 buah apel per minggu mengurangi risiko asma hingga sepertiganya. Dalam sebuah studi terpisah, anak dari ibu yang mengonsumsi apel selama kehamilan lebih tahan terhadap asma dimasa balitanya.

2.       Melindungi Tulang dan Gigi

Buah apel mempunyai berbagai kandungan baik yang bisa melindungi tulang seperti magnesium, kalsium, potassium, zat besi dan kandungan penting lainnya. Biasakan mengkonsumsi apel sejak remaja, agar terhindar dari osteoporosis dan membantu pertumbuhan tulang yang maksimal.

3.       Mencegah penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit karena penuaan yang membuat penderitanya kehilangan fungsi berpikir dan mengingat secara bertahap.

Thomas B. Shea, PhD, dari Center for Seluler Neurobiologi,  Universitas Massachusetts dan timnya menemukan bahwa tikus yang diberi setara 2 gelas jus apel per hari pada manusia selama 1 bulan menghasilkan lebih sedikit fragmen protein kecil, yang disebut “beta-amyloid” yang bertanggung jawab untuk pembentukan “plak senilis “yang biasanya ditemukan di dalam otak individu penderita penyakit Alzheimer.

Agar Anda terhindar dari penyakit ini, perbanyaklah mengkonsumsi buah apel untuk mengurangi efek buruk serangan radikal bebas.

4.       Mengendalikan Diabetes

Apel mengandung flavonoid, senyawa pada buah-buahan, sayuran dan biji-bijian  yang telah terbukti dalam berbagai penelitian memiliki manfaat kesehatan untuk penyakit kardiovaskular dan kanker.

Mereka yang mengonsumsi blueberry atau apel dalam jumah lebih tinggi, cenderung memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2,” kata An Pan, seorang peneliti dari Harvard School of Public Health.

Selain keempat manfaat diatas, apel juga bisa mengurangi kanker prostat, kanker usus besar dan kanker paru-paru. Kandungan seratnya yang tinggi jika dikonsumsi secara teratur mengurangi kolesterol dan penyakit jantung.




loading...

Artikel terkait Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan