Home » Info Kesehatan » Manfaat Bermain Musik bagi Kesehatan Fisik

Manfaat Bermain Musik bagi Kesehatan Fisik



manfaat bermain musik untuk kesehatanMusik adalah esensial, keindahan yang selalu disukai  setiap orang dan orang mendengarkannya dengan tujuan tertentu. Terkadang musik juga melambangkan suatu hal yang menjadi perwakilan diri terhadap suatu kondisi tertentu yang dialami oleh manusia, contohnya seperti saat sedih, gembira, santai, marah dan lain sebagainya.

Dari sisi pembentukan karakter, musik ternyata sangat bermanfaat bagi pembentukan karakter dan pola pikir kita. Karena musik memiliki pengaruh yang sangat besar yang mampu masuk kedalam alam bawah sadar kita sehingga sugesti-sugesti yang diberikan dari dalam musik mampu terekam didalam otak dan kemudian di implementasikan didalam kehidupan sehari-hari.

Makanya terkadang kita sering mendengarkan yang namanya hipnoterapi melalui musik dimana setiap orang akan mendapatkan sugesti tertentu yang akan berdampak terhadap kebiasaan yang dilakukan. Seperti sugesti untuk berhenti merokok, sugesti untuk tetap hidup sehat, sugesti untuk selalu berpikiran positif, dan lain sebagainya. Intinya adalah musik dapat mempengaruhi kesehatan kita melalui mindset caracter building.

Nah dari segi fisik, bermain musik juga mampu membantu kita untuk tetap sehat karena aktifitas bermain musik itu sendiri juga memerlukan tenaga yang tak kalah banyaknya dengan olahraga fisik. Tak ayal jika ada orang yang bermain musik juga bisa disebut sambil berolahraga.

Berikut beberapa permainan musik yang mampu membuat anda tetap sehat secara fisik:

#1 menyanyi

Walaupun hanya butuh mengeluarkan suara saja, menyanyi ternyata dapat membantu kita untuk membakar banyak kalori apa lagi kalau anda mampu menyanyi selama satu jam penuh maka anda secara otomatis telah membakar kalori sebanyak 105kcal jika dalam posisi duduk atau santai. Jika anda perform dengan berdiri diatas panggung maka berbeda lagi pembakarannya yakni sampai dengan 140 â?? 160kcal. Dan yang lebih hebatnya lagi jika anda adalah seorang penyanyi sekaligus mampu melakukan tarian ataupun bernyanyi sambil berjalan, berlompat, mengelilingi panggung, dan lain-lain yang intinya tidak diam statis begitu saja maka anda telah membakar kalori sampai 210kcal per jam nya.

#2 bermain gitar

Meskipun anda dengan santai bermain gitar dan bagian tubuh yang bergerak hanya tangan saja maka anda telah membakar kalori sebanyak 60kcal â?? 80kcal per 30 menit nya. Namun jika anda kombinasikan dengan bernyanyi apa lagi sambil berdiri dan berjalan maka pembakarannya jauh lebih besar dan berlipat.

#3 bermain drum

Siapapun juga tau bahwa bermain drum tentu sangat menguras tenaga dan stamina, begitu juga kalori yang dibakarnya mampu mencapai 140kcal per 30 menit nya. Belum lagi bermain drum mampu melatih otot lengan, bahu, dan sayap punggung yang rata-rata merupakan otot inti yang sering di latih saat anda di gym. Tentu jika anda mampu bermain drum lebih lama maka pembakarannya akan semakin besar. Apa lagi kalau anda mampu mengalahkan rekor Jelly Tobing yang pernah menabuh drum sampai 10 jam nonstop, hitung sendiri berapa banyak kalori anda yang terbakar.

Manfaat lain yang bisa kita dapatkan misalnya  musik dapat meringankan rasa sakit, membantu perkembangan otak bayi dan menjaga fungsi kognitif otak agar tetap tajam.




loading...

Artikel terkait Manfaat Bermain Musik bagi Kesehatan Fisik

apa manfaat bermain gitar bagi kesehatan. apakah efek bermain musik bagi tubuh ?. dampak positif bermain musik. Efek positif bermain musik. tujuan bermain musik stau menyanyi orang palestina adalah.