Home » Penyakit dan Terapi » Manfaat Bawang Putih untuk Mengobati Wasir

Manfaat Bawang Putih untuk Mengobati Wasir



bawang putih untuk wasirKalau anda mempunyai wasir pasti tahu betapa memalukan dan menyakitkan. Meskipun bukan merupakan penyakit yang serius dan mengancam jiwa tetapi cukup mengganggu.

Ada banyak produk untuk mengobati wasir tetapi, bahan alami untuk wasir seperti bawang putih juga telah diakui kemampuannya mengatasi wasir.

Allium sativum dikenal sebagai bumbu masakan dan dan bermanfaat untuk kesehatan seperti mengurangi peradangan, sebagai antibiotik alami, menurunkan kolesterol, anti pembekuan darah dan meningkatkan antioksidan alami.

Bawang putih untuk wasir

Bawang putih memiliki 4 efek penting dalam penyembuhan ambeien yaitu sebagai antibiotik, antioksidan, menghilangkan bekuan darah dan mengurangi tekanan darah.

Agen aktif yang berperan yang terkandung dalam bawang putih salah satunya adalah Allicin. Sebagian besar manfaat kesehatan dan bau dari bawang putih berasal dari zat ini. Oleh karena itu penting untuk memanfaatkan bawang putih yang masih memiliki bau.

Allicin

Zat ini telah dipelajari secara intensif potensinya. Allicin merupakan zat aktif yang merupakan mekanisme pertahanan bawang putih terhadap serangan hama.

Allicin memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri. Sulfur yang terkandung didalamnya memiliki sifat antibiotik tetapi juga dapat mengiritasi jaringan lunak sehingga tidak dianjurkan untuk menggunakan bawang putih sebagai pengobatan untuk bagian tubuh yang terluka.

Bau yang dihasilkan bawang putih tidak disukai orang banyak. Orang yang ingin memanfaatkan bawang putih untuk pengobatan tetapi tidak suka dengan baunya biasanya membeli bawang putih yang telah diolah sedemikian rupa sehingga tidak berbau. Menghilangkan bau berarti menghilangkan allicin dan tanpa zat ini khasiat bawang putih sudah jauh berkurang.

Bawang putih aman digunakan tetapi dalam dosis yang sangat tinggi justru mengurangi pembekuan darah yang berakibat perdarahan berlebihan pada wasir apabila sudah berdarah.

Cara penggunaan

Untuk hasil yang maksimal sebaiknya selain dioleskan pada wasir (topikal) dibarengi dengan mengkonsumsi pil bawang putih pada saat makan.

Untuk wasir yang berada didalam, kupas bawang putih kecil kemudian dorong kedalam anus sebelum tidur. Pada saat BAB bawang putih ini akan keluar dengan sendirinya. Lakukan 3 ini kali seminggu untuk mengurangi iritasi, gatal dan rasa sakit ambeien.

Untuk wasir yang berdarah jangan gunakan bawang putih karena dapat memperburuk kondisi yang sudah ada.

Efek samping

Meskipun cukup aman bagi orang dewasa tetapi herbal ini terkadang juga dapat menimbulkan efek samping seperti mulas, bau napas berlebihan, sakit perut, reaksi alergi.

Interaksi obat

Bawang putih dapat menghambat penyerapan isoniazid. Selain itu pada obat HIV/AIDS Non-Nukleosida Inhibitor Transcriptase Reverse (NNRTI) juga dapat menurunkan efektivitasnya.

Karena memperlambat pembekuan darah sebaiknya hindari mengkonsumsi pil bawang putih jika anda mengkonsumsi obat antikoagulan/antiplatelet berikut:

Aspirin, clopidogrel, dalteparin, enoxaparin, heparin, warfarin, diklofenak, ibuprofen, naproxen dan lain-lain.




loading...

Artikel terkait Manfaat Bawang Putih untuk Mengobati Wasir

cara mengobati wasir dengan bawang putih. mengobati ambeien dengan bawang putih. cara menghilangkan wasir dengan bawang putih. bawang putih untuk ambeien luar. mengatasi ambeien dengan bawang putih. bawang putih untuk ambeien. cara mengobati ambeien dengan bawang putih.