Home » Makanan dan Minuman » Makanan Zat Besi Yang Mudah Didapatkan

Makanan Zat Besi Yang Mudah Didapatkan



anemia dan zat besiZat besi penting dalam pembentukan hemoglobin yang terdapat dalam sel darah merah, fungsi hemoglobin adalah mengikat dan kemudian mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan juga mengangkut karbon dioksida dari seluruh tubuh ke paru-paru.

Sebelum membahas makanan zat besi yang ada disekitar kita ada baiknya untuk membahas siapa saja orang yang mungkin membutuhkan zat besi tambahan

  • Wanita yang sedang menstruasi terutama jika darah menstruasi yang keluar cukup banyak
  • Wanita yang sedang hamil atau yang baru saja melahirkan
  • Pelari jarak jauh
  • Diet vegetarian yang ketat
  • Orang dengan semua jenis perdarahan di usus (misalnya, perdarahan ulkus)
  • Orang yang sering menyumbangkan darah
  • Orang dengan kondisi pencernaan yang membuat sulit untuk menyerap nutrisi dari makanan
Kebutuhan zat besi (tabel dari dietitians.ca)

Age in years Rekomendasi *milligram (mg)/hari Maksimal*mg/day
Laki-laki 19 keatas 8 45
Perempuan 19-50 18 45
Perempuan 51 keatas 8 45
Wanita hamil 19 keatas 27 45
Ibu menyusui 19 keatas 9 45

 

Makanan kaya zat besi:

1. Bayam

Bayam sangat mudah ditemukan di sekitar kita karena jenis tumbuhan ini sangat mudah tumbuh kita bisa mendapatkan dari kebun, bayam liar, pasar maupun supermarket. Bayam sudah dikenal oleh orang tua sebagai obat anemia namun bayam juga bisa menimbulkan zat racun jika disajikan dengan cara yang tidak benar, cara mengolah bayam

2. Kulit kentang

Mungkin ini sama sekali tidak terlintas dalam pikiran anda, kulit kentang ternyata mengandung zat besi lima kali dari kandungan daging kentang itu sendiri. Jadi untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kentang sebaiknya makan kentang dengan kulitnya.

3. Kerang

Tiga ons kerang mengandung kurang lebih 23,8 mg zat besi dan 126 kalori. Kerang juga merupakan sumber kalium dan vitamin B12, vitamin B12 juga membantu dalam pembentukan sel darah merah. Yang perlu menjadi perhatian yakni kerang yang hidup di kawasan industri mungkin mengandung logam berat.

4. Sereal

Jumlah zat besi bisa Anda dapatkan dari sereal dingin berkisar 1,8-21,1 mg, baca kemasan untuk jumlah lebih detail. Jadi selain mengenyangkan untuk sarapan, sereal juga mengandung zat besi yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

5. Hati ayam

Hati ayam mengandung zat besi dan nutrisi yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah.

6. Kedelai

Tahu dan tempe adalah makanan favorit orang Indonesia , setengah cangkir kedelai yang sudah dimasak mengandung 4,4 mg besi dan 149 kalori.

Terlalu banyak dan terlalu sedikit zat besi sama-sama dapat menimbulkan masalah kesehatan sehingga penting untuk selalu mengkonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang. Selain melalui makanan, zat besi juga bisa didapatkan melalui suplemen.




loading...

Artikel terkait Makanan Zat Besi Yang Mudah Didapatkan