Makanan yang Dihindari Supaya Asam Lambung Tidak Naik ke Tenggorokan



Chocolate asamSalah satu masalah pencernaan yang banyak terjadi adalah naiknya asam lambung ke kerongkongan atau yang biasa disebut sebagai penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease). Jika asam lambung naik hanya sesekali itu merupakan hal yang wajar namun jika terjadi lebih dari dua kali seminggu maka perlu dicurigai apakah kita menderita GERD.

Asam lambung yang naik ke kerongkongan memiliki beberapa gejala seperti rasa terbakar pada kerongkongan, sakit di dada, batuk, merasakan ada cairan yang naik ke kerongkongan. Jika anda sering mengalaminya ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter dari awal supaya mendapatkan informasi mengenainya dan mendapatkan obat jika diperlukan.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi tingkat keparahan penyakit GERD salah satunya adalah makanan yang kita makan.

Kebanyakan dari kita sudah tahu bahwa makan makanan yang bersifat asam dalam porsi jumbo dapat meningkatkan potensi naiknya asam lambung. Makanan lain yang perlu dikurangi adalah makanan yang digoreng berlemak. Gorengan, makanan tinggi lemak dan asam membuat gejala yang dialami semakin bertambah dan dapat mempengaruhi organ pernapasan. Makanan lain yang perlu dihindari adalah cokelat karena meskipun kebanyakan rasanya manis tetapi asamnya juga tinggi.

Baca juga :   Jenis-Jenis Kanker Otak

Buah-buahan dengan rasa asam juga perlu dihindari seperti jeruk, mangga, kedondong, tomat dan buah dengan rasa asam lainnya. Makanan denga citarasa pedas harus dikurangi misalnya cabai, bawang merah, bawang putih, lada dan makanan sejenisnya. Khusus untuk jahe diperbolehkan selama tidak berlebihan, bahkan jahe bisa dijadikan obat herbal bagi penyakit asam lambung naik ini.

Kubis dan brokoli perlu dikurangi dari diet anda. Sedangkan minuman yang sebaiknya tidak diminum yakni minuman yang mengandung kafein karena kafein meningkatkan sekresi asam lambung, minuman yang mengandug kafein antara lain teh, kopi dan minuman suplemen energi. Minuman yang mengandung soda juga termasuk yang perlu dihindari.

Selain dari diet, cara makan juga dapat mempengaruhi penyakit GERD. Makanlah dalam porsi kecil namun sering. Kalau makan dalam porsi banyak sekaligus membuat makanan lebih sulit untuk dicerna dalam lambung akibatnya asam lambung yang diproduksi lebih banyak sehingga lebih mungkin untuk naik.

Naiknya asam lambung ke kerongkongan pada penyakit GERD bisa terjadi pada segala usia mulai dari bayi sampai dewasa. Pada wanita hamil, sering mengalami masalah ini karena tekanan rahim yang mendorong lambung dan relaksasinya otot sfingter esofagus. Siapapun yang mengalaminya harus memberikan perhatian ekstra karena jika dibiarkan dalam jangka waktu lama akan membawa dampak buruk dengan berbagai komplikasi.

Baca juga :   Penyebab, Jenis, Dan Pengobatan Psosiaris



loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *