Home » Penyakit dan Terapi » Makanan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Makanan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi



makanan  hipertensiPenderita tekanan darah tinggi di Indonesia semakin banyak, karena banyaknya mungkin ada anggota keluarga atau kenalan anda yang menderita darah tinggi. Diperkirakan kurang lebih 7,2 persen orang atau 20 juta orang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Jika tidak dikendalikan penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi berbagai organ seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, gagal ginjal dan gangguan penglihatan.

Hipertensi dibagi menjadi dua yakni primer dan sekunder. Hipertensi primer adalah hipertensi yang tidak diketahui penyebabnya, sekitar 90% dari seluruh hipertensi adalah primer sedangkan hipertensi sekunder adalah tekanan darah tinggi karena adanya penyakit lain.

Salah satu cara mengendalikan darah tinggi adalah  dengan perubahan gaya hidup dan didalam perubahan gaya hidup orang yang menderita hipertensi adalah pemilihan jenis makanan. Berikut ini adalah beberapa makananan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi:

1. Pisang

Pada sebuah studi yang dipublikasikan di Journal Hypertension pada tahun 2005 menyatakan bahwa makanan dengan kandungan potasium dapat menurunkan tekanan darah. Buah pisang sangat mudah didapatkan dan harganya juga relatif terjangkau sehingga pisang cocok digunakan sebagai “obat” tekanan darah tinggi. Selain pisang, buah dan sayuran yang mengandung banyak potasium yaitu bayam, kentang, tomat, semangka, jeruk, kismis, almond dan kuaci biji bunga matahari.

2. Tahu tempe

Makanan yang terbuat dari kedelai terbukti dapat menurunkan tekanan darah, hal ini telah dipresentasikan dalam salah satu pertemuan tahunan American College of Cardiology. Zat yang berperan dalam menurunkan darah tinggi terutama sistolik adalah isoflavon.

3. Blueberry

Buah blueberry seperti halnya keluarga berry lainnya mengandung anthocyanins yang dapat membantu melawan hipertensi. Mengkonsumsi secara teratur selain dapat menurunkan tekanan darah juga dapat menurunkan kadar koleterol total sehingga makin baik untuk sistem kardiovaskular.

4. Coklat hitam

Kandungan flavanol dalam coklat hitam memiliki efek pelebaran pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi turun. Saat membeli coklat pilihlah yang kadar coklat hitamnya tinggi dan kadar gulanya rendah. Makan coklat dalam jumlah yang tidak terlalu banyak karena mengandung banyak kalori yang dapat meningkatkan berat badan.

5. Sereal

Para peneliti dari Havard University menemukan bahwa mengkonsumsi sereal terutama yang biji utuh, mengandung banyak serat menurunkan kemungkinan mengembangkan tekanan darah tinggi.

6. Jus buah bit

Menurut penelitian yang dilakukan di Queen Mary University London yang diterbitkan tahun 2011 di American Heart Association journal Hypertension, minum jus buah bit dapat menurunkan tekanan darah tinggi bahkan efeknya terasa dalam beberapa jam saja. Kandungan nitrat dalam jus buah bit kurang lebih sama dengan kandungan nitrat yang ada dalam tablet obat hipertensi.




loading...

Artikel terkait Makanan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi