Home » Tips Sehat » Makanan Untuk Mengurangi Stres

Makanan Untuk Mengurangi Stres



makananAda banyak cara untuk mengurangi stres bisa dari merubah pola pikir negatif menjadi positif, berjalan kaki, yoga dan masih banyak lagi cara lainnya.

Kadang-kadang orang yang sedang tertekan karena situasi tertentu berusaha mengalihkan perhatiannya pada makanan misalnya es krim, cokelat, cake dan junk food. Biasanya wanita yang paling banyak mempunyai kecenderungan makan makanan tersebut saat sedang stres.

Berdasarkan penelitian memang ada jenis makanan tertentu yang bisa menurunkan  stres, dan beberapa sudah disebutkan diatas. Makanan tersebut  dapat memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik, tetapi seringkali dikonsumsi secara berlebihan akibatnya justru merugikan kesehatan dan peningkatan berat badan.

1. Cokelat dikenal mempunyai kemampuan menurunkan hormon kortisol berlebih yang beredar dalam darah. 1,4 ons cokelat dimakan selama dua minggu berturut-turut kandungan antioksidan flavonoid menurunkan hormon stres yang berlebihan, meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan tekanan darah. Tapi yang menjadi masalah saat ini adalah kebanyakan cokelat yang beredar di pasaran sudah dibubuhi banyak gula. Tipsnya, cari cokelat yang kandungan kakaonya paling tinggi dan jangan berlebihan.

Baca juga :   Cara Menghilangkan Komedo

2. Buah dan sayur memiliki nutrisi dan antioksidan guna mempertahankan tubuh dari stres. Kalau tubuh kuat tidak akan mudah terserang dampak buruk stres. Makan banyak buah dan sayur pada pagi hari agar kandungan antioksidan yang beredar dalam tubuh meningkat.

3. Makanan dengan kalsium tinggi seperti susu rendah lemak, yoghurt, keju, ikan teri, tahu, wijen, sayuran hijau gelap, biji bunga matahari memiliki manfaat lain selain menguatkan tulang dan gigi yakni kemampuan meredakan ketegangan. Beberapa makanan tinggi kalsium ini bisa dinikmati sebagai selingan maupun disandingkan dengan menu utama.

4. Kalau berbicara tentang nutrisi syaraf tak lengkap tanpa menyebut vitamin B kompleks terutama vitamin B6. Paprika salah satu yang kaya vitamin B. Tambahkan paprika saat menggoreng telur atau menambahkan dalam tumisan. Sumber vitamin B lainnya misalnya kacang-kacangan, ayam, ikan, pisang, dan alpukat.

5. Dari republika, dr. Sonia Wibisono mengingatkan untuk mengkonsumsi makanan sumber Magnesium. Salah satu fungsi magnesium untuk mengurangi kram otot yang terkadang terjadi pada penderita stres yang kurang asupan magnesium. Sereal gandum dan sayuran hijau banyak mengandung magnesium untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita.

Baca juga :   Cara Pencegahan Malaria

6. Anemia kadang juga bisa memicu stres, kelelahan, letih, lesu dan kurang bertenaga. Makan-makanan yang banyak mengandung besi atau suplemen zat besi juga dianjurkan.

7. Mengurangi stres juga bisa didapat dari makanan yang membakar energi secara perlahan. Pilih jenis karbohidrat kompleks, jenis karbohidrat ini lebih lama dicerna sehingga diserap secara perlahan-lahan. Makanan ini membuat tidak mudah lapar dan pasokan energi yang lebih lama.

Selain makanan untuk mengurangi stres pertimbangkan untuk bersosialisasi, rekreasi dan olahraga untuk meredakan stres. Mengkombinasikannya memberikan efek yang lebih besar dan cepat.




loading...

Artikel terkait Makanan Untuk Mengurangi Stres

sahur minum teh migren tidak kumat kenapa.