Home » Makanan dan Minuman » Makanan Untuk Mencegah Rambut Rontok

Makanan Untuk Mencegah Rambut Rontok



makanan pencegah rambut rontokRambut rontok masalah pria dan wanita yang tidak boleh dibiarkan berlanjut. Selain karena faktor perawatan, rokok, genetik, bahan kimia, penyakit tertentu dan stres, nutrisi juga mempunyai tanggung jawab yang besar dalam menjaga kesehatan rambut. Rambut yang ternutrisi dengan baik akan menjadi kuat, tidak mudah rontok dan tentu saja tampak lebih indah. Dari TimesofIndia, berikut ini adalah beberapa makanan sebagai nutrisi rambut agar rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok

1. Wortel
Tidak hanya baik untuk mata, Buah kaya vitamin A ini sangat baik untuk kulit kepala. Kulit kepala yang sehat tampak mengkilap, rambut lebih kuat dan lembab. Diet seimbang yang terdiri dari protein rendah lemak, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, salmon dan susu rendah lemak menjadi pendorong besar untuk kesehatan rambut.

2. Bayam
Jika rambut anda kering, tipis, warnanya berubah, kaku, dan mudah rontok, bisa jadi karena cadangan zat besi yang menipis. Makanan yang mengandung banyak zat besi seperti bayam, kulit kentang, daun singkong, prune, buah bit dan hati bisa mengembalikan jumlah zat besi dalam tubuh.

Baca juga :   Konsumsi Lemak Jenuh Dalam Virgin Coconut Oil (VCO) Harus Dibatasi

3. Kacang hijau
Walaupun kacang hijau tidak kaya vitamin atau mineral atau antioksidan tertentu tetapi mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang seimbang seperti zat besi, Vitamin B kompleks dan seng. Nutrisi tersebut penting menjaga kesehatan rambut

4. Udang
Sementara daging merah dalam jumlah besar perlu dihindari, sulit rasanya mendapatkan sumber protein hewani yang bernutrisi tinggi. Dari berbagai makanan laut yang tersedia, udang menjadi pilihan tepat karena mengandung vitamin B12, seng dan zat besi untuk menutrisi rambut agar tidak mudah rontok.

5.Telur
Telur sarat akan nutrisi penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh termasuk untuk rambut. Telur mengandung protein, vitamin B12, seng, zat besi dan asam lemak omega 6 dalam jumlah besar. Selain itu telur juga sumber biotin (vit B7) yang merupakan zat mendasar dalam mengatasi rambut rontok.

6.Susu rendah lemak
Kalsium dalam susu skim atau yoghurt rendah lemak penting untuk rambut. Susu rendah lemak juga mengandung kasein dan whey, sumber protein berkualitas tinggi.

Kesalahan Perawatan rambut

Baca juga :   Benarkah Telur Berbahaya Bagi Kesehatan

Selain faktor nutrisi, faktor perlakuan pada rambut juga sering menyebabkan kerontokan misalnya:

– Penggunaan hair spray, gel rambut, pewarna rambut, dan krim styling yang mengandung bahan kimia keras.

– Terlalu sering berganti-ganti shampo atau konditioner. Gunakan shampo atau konditioner setidaknya selama enam bulan sebelum anda memutuskan untuk ganti atau mencoba merek lain

– Paparan sinar matahari yang berlebihan membuat rambut menjadi kering, kusam, rapuh dan lemas. Gunakan pelindung dan pelembab untuk mencegah kerusakan yang lebih lanjut.

– Stres yang berlebihan dan beberapa jenis obat dapat menyebabkan rambut rontok. Cobalah untuk mengelola stres dengan berpikir positif serta lebih banyak bersyukur.




loading...

Artikel terkait Makanan Untuk Mencegah Rambut Rontok

makanan yang harus di hindari yang rontok rambut.