Makanan Untuk Mempercepat Kehamilan



Hamil, tentunya sudah menjadi rencana suami istri untuk memiliki momongan. Banyak cara yang ditempuh suami istri untuk segera memiliki buah hati, dari pemeriksaan rutin ke dokter, pengobatan alternatif, sampai dengan mengasuh anak lain.

hamilYang terpenting untuk mempercepat kehamilan adalah menjaga pola makan dan memantau cakupan gizi yang dimakan setiap hari. Gizi dan nutrisi sangat dibutuhkan untuk proses pembuahan dan perkembangan janin.

Kita harus tahu makanan yang mengandung nutrisi yang dapat mempercepat kehamilan. Berikut adalah nutrisi yang dapat mempercepat kehamilan:

1. Vitamin C. Pepaya, jeruk, jambu biji, adalah makanan yang banyak mengandung vitamin C. Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C juga dibutuhan untuk proses kehamilan. Bagi seorang suami, vitamin C adalah sumber antioksidan yang dapat menjaga kesuburan dan meningkatkan mutu sperma.

2. Zat besi (Fe). Zat besi dibutuhkan untuk menambah sel darah agar tidak terjadi anemia. Seorang ibu akan sulit hamil jika mengalami anemia. Kekurangan zat besi dapat menghambat proses pembuahan. Zat besi biasanya terdapat di dalam makanan seperti hati, daging, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Baca juga :   Makan Secara Berlebihan Dapat Merusak Otak

3. Zat seng (Zinc). Seng dapat mempercepat proses pematangan sel telur, metabolisme hormon, dan meningkatkan kualiatas dan kuantitas sperma. Zat seng umumnya terdapat pada daging, kerang, kuning telur, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

4. Vitamin B6 dan B12. Vitamin B6 merupakan pengatur hormon reproduksi. Sedangakan kekurangan vitamin B12 dapat mempersulit proses kehamilan. Vitamin B12 biasanya terdapat dalam yoghurt, sedangkan vitamin B6 terdapat pada sayuran hijau, kecambah, dan biji-bijian.

5. Asam folat. Asam folat dianjurkan untuk dikomsumsi setiap hari pada saat mempersiapkan kehamilan dan beberapa bulan pertama setelah masa kehamilan. Asam folat berfungsi untuk mencegah kelainan dan perkembangan otak pada janin. Asam folat biasanya terdapat pada sayuran hijau, kacang-kacangan, brokoli, dan biji-bijian.

6. Air. Air dibutuhkan dalam setiap proses dalam tubuh termasuk dalam produksi hormon-hormon dan berfungsi sebagai lubrikasi yang mempermudah pembuahan. Dianjurkan untuk meminum air 8 â?? 10 gelas setiap harinya.

7. Vitamin E. Pada istri vitamin E dapat membantu memperbesar peluang terjadinya kehamilan. Sedangkan pada suami , vitamin E dapat melindungi sperma dari serangan radikal bebas serta meningkatkan kemampuan sperma untuk membuahi sel telur. Vitamin ini terdapat pada kacang tanah, tauge, kenari, kacang mete, brokoli, serta alpukat.

Baca juga :   Manfaat Buah Naga

Mulai dari sekarang untuk pasangan suami istri yang ingin segera mempunyai buah hati dapat mengatur pola makannya sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan agar kehamilan cepat terjadi.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *