Home » Makanan dan Minuman » Wanita » Beberapa Makanan Sehat Saat Menopause

Beberapa Makanan Sehat Saat Menopause



makanan sehat saat menopauseMenopause pada wanita membuat tubuh terasa sudah tidak sebugar seperti sebelum menopause. Tulang tidak sekuat dulu lagi, dan kesehatan tubuh mulai terganggu. Proses ini adalah proses alami yang tidak bisa dihindari pada wanita dimanapun. Yang hanya bisa dilakukan oleh wanita yang sudah memasuki masa menopause adalah menjaga kesehatan tubuhnya agar tidak digerogoti oleh penyakit yang sudah mengancam.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan seseorang untuk membantu menguatkan tubuh saat terjadi menopause adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup, agar tubuh tetap sehat dan kuat. Banyak konsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran dan buah-buahan, serta susu rendah kalori dan daging tanpa lemak adalah makanan yang wajib dikonsumsi. Selain itu, harus menghindari makanan yang banyak mengandung gula, lemak jenuh dan makanan berkalori.

Hanya dengan melakukan perbaikan dasar dengan cara mengubah kebiasaan makan Anda, akan membuat tubuh merasa lebih baik, ditambah dengan suplemen, akan membuat masa menopause lebih lancar. Serta dengan pola makanan yang benar, dapat membuat jantung serta tulang menjadi lebih sehat saat menopause terjadi.

Baca juga :   Kulit Menjadi Kusam Karena Kurang Tidur

Menambah asupan makanan berkiut ini akan membuat masa menopause lebih lancar dan tubuh tetap kuat.

Kedelai. Makanan ini mengandung asam lemak omega 3 tak jenuh, dan protein. Anda harus tahu bahwa omega 3 sangat diperlukan tubuh, untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa asam lemak omega 3 juga dapat mengurangi hot flushes atau mengurangi rasa panas dalam tubuh. Menambahkan kedelai dalam makanan Anda setiap hari lebih baik daripada mengkonsumsi suplemen kedelai, karena kedelai lebih alami daripada suplemen kedelai yang sudah terkontaminasi zat kimia lain. Makanan lain yang mengandung omega 3, yang bisa dikonsumsi secara teratur, misal ikan, kenari atau biji rami, juga sangat baik untuk dijadikan makanan tambahan.

Vitamin E. Vitamin ini dapat mengurangi rasa panas dalam tubuh. dapat didapatkan dari makanan seperti kacang-kacangan, biji gandum, biji jagung, dll.

Serat. Makanan berserat sangat penting untuk membantu memperlancar pencernaan, membuat jantung lebih sehat dan tidak menyebabkan muka memerah. Roti dan sereal gandum, plus buah dan sayuran berserat, sangat baik untuk menjadi menu sarapan Anda.

Baca juga :   Kandungan Gizi Buah Pisang

Kalsium. Zat inilah yang diperlukan agar tulang tetap kuat saat menopause. Usahakan setiap hari mengkonsumsi susu rendah lemak, 2 atau 3 kali sehari. Atau juga bisa ditambah dengan produk susu rendah lemak, misal yogurt. Selain itu, konsumsi juga sayuran hijau, karena juga kaya akan kalsium.

Itulah beberapa makanana yang sangat baik saat datang menopause. Perlu diingat juga, bahwa makanan-makanan ini, tidak akan berfungsi maksimal, jika kebiasaan buruk seperti merokok atau mengkonsumsi minuman keras masih dilakukan. Berolahraga secara teratur, sangat disarankan saat menopause terjadi, agar tubuh tetap sehat dan kuat.




loading...

Artikel terkait Beberapa Makanan Sehat Saat Menopause

makanan terbaik intuk wanita yang menopause.