Home » Makanan dan Minuman » Penyakit dan Terapi » Makanan Pereda Sakit Tenggorokan

Makanan Pereda Sakit Tenggorokan



pisangSakit tenggorokan adalah penyakit yang mudah menyeranga dan dapat diderita oleh siapa saja. Sakit tenggorokan biasanya disebabkan oleh virus dengan gejala flu, demam menggigil dan nyeri. Sakit tenggorokan akan membuat kita merasa tidak nyaman  dan harus berpantangan untuk makan makanan yang mengandung lemak tinggi seperti gorengan serta makanan pedas.

Tak perlu langsung mengkonsumsi obat-obatan demi menghilangkan sakit tenggorokan tersebut. Ada beberapa makanan yang bisa membantu untuk meredakan sakit tenggorokan. Berikut makanan yang bisa membantu mengatasi sakit tenggorokan.

  1.  Pisang. Pisang merupakan buah yang tidak asam dan lembut untuk tenggorokan. Hal ini memudahkan untuk menelan, terutama bila sedang sakit tenggorokan. Selain  itu, buah pisang  juga memiliki indeks glikemik rendah serta kaya akan vitamin, B6, kalium, dan tentu saja, vitamin C.
  2. Sop ayam. Ada orang yang percaya bahwa sop ayam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Hal ini dipercaya bahwa sop ayam sebagai antibiotik karena memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi kemampetan dengan membatasi virus yang datang dalam kontak dengan membran lendir. Buatlah sop ayam dengan menggunakan bahan makanan yang kaya kandungan gizi seperti wortel, bawang, seledri, lobak, kentang dan bawang putih.
  3. Jus lemon dan madu. Campuran air lemon dan madu merupakan salah satu alternatif untuk membantu meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi peradangan. Selain itu, jus ini juga memberikan efek mendinginkan pada tenggorokan.
  4. Putih telur. Manfaat dari putih telur dapat membantu dalam menangani peradangan dan rasa sakit di tenggorokan. Tapi, pastikan tidak mencampur putih telur dengan bumbu.  Karena hal ini mungkin dapat memperburuk rasa sakit.
  5. Teh jahe atau madu. Secangkir teh panas dicampur dengan jahe atau madu bisa menjadi pilihan untuk menenangkan tenggorokan yang teriritasi dan gatal. Sedangkan madu akan melapisi tenggorokan dan membantu mencegah iritasi.
  6. Oatmeal. Oatmeal merupakan salah satu makanan yang tinggi serat larut yang berperan membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, buatlah semangkuk oatmeal panas dan tambahkan pisang atau madu di dalamnya.
  7. Wortel rebus. Wortel adalah salah satu makanan yang dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan. Wortel banyak mengandung nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat dan potasium. Tapi mereka harus direbus atau dikukus sebelum dimakan. Karena, memakan wortel yang mentah justru bisa memperburuk sakit tenggorokan.



loading...

Artikel terkait Makanan Pereda Sakit Tenggorokan