Home » Tips Sehat » Makanan dan Minuman Yang Membuat Sulit Tidur

Makanan dan Minuman Yang Membuat Sulit Tidur



makanan yang bikin sulit tidurMakanan dan minuman yang Anda konsumsi dalam jam sebelum tidur juga mempengaruhi kualitas tidur. Beberapa makanan membuat Anda tidur nyenyak dan ada juga yang membuat Anda bangun berulang kali. Berikut adalah contoh makanan dan minuman Anda harus menghindari untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan untuk mendapatkan manfaat maksimal tidur sehingga Anda dapat melalui kegiatan sehari-hari anda dengan semangat keesokan harinya.

1. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Makan sebelum tidur dapat mengundang rasa kantuk. Tapi, makanan terlalu banyak akan membuat ketidak nyamanan pencernaan yang membuat Anda tetap terjaga. Sebaliknya, lapar juga membuat kita bangun pada malam hari.

2. Konsumsi alkohol. Dalam jumlah kecil, alkohol bisa membantu Anda tertidur. Tapi begitu tubuh memetabolisme alkohol, ini memperburuk insomnia dan mengganggu tidur. Saat tidur, tubuh dalam fase perbaikan, alkohol dapat mengganggu proses ini. Selain itu, alkohol juga dapat memicu dehidrasi, sehingga membuat Anda lelah keesokan harinya.

3. Kafein. Jika anda mengalami masalah sulit tidur ada baiknya menghindari setiap makanan atau minuman yang mengandung kafein. Beberapa orang sensitif terhadap kafein, sehingga dalam jumlah sedikit pun dapat membuat terjaga lebih lama atau bahkan menjadi sulit tidur. Hindari mengkonsumsi kafein di sore atau malam hari.

Baca juga :   Solusi Menghilangkan Ketombe Dengan Obat Rumahan

4. Mengurangi lemak. Jika Anda makan makanan tinggi lemak pada malam hari atau makan makanan yang dapat menyebabkan mulas, tidur Anda akan terganggu. Karena makanan pencernaan bekerja keras untuk mencerna makanan yang mengandung banyak lemak.

5. Jangan makan di tengah malam. Penderita maag harus menghindari makanan di tengah malam atau makan berat yang akan memperlambat pengosongan lambung. Berbaring dengan perut penuh akan mendorong peningkatan asam lambung ke kerongkongan. Hal ini akan memicu rasa panas di tenggorokan karena refluks asam lambung.

6. Banyak minum. Hindari banyak minum setelah makan malam untuk mengurangi keinginan buang air kecil pada tengah malam.

 




loading...

Artikel terkait Makanan dan Minuman Yang Membuat Sulit Tidur

makanan yang membuat susah tidur. minuman yang membuat kita tidak bisa tidur. minuman yang membuat sulit tidur. minuman yang membuat tidak tidur. makanan bikin susah tidur. makanan yang membuat tidur sulit. makanan yg dapat membuat terjaga.