Limfoma, Salah Satu Jenis Kanker Yang Harus Anda Ketahui



limfomaLimfoma, adalah salah satu penyakit yang mungkin kurang terlalu terdengar bagi orang awam pada umunya. Tapi, sebenarnya Anda harus mengetahui penyakit ini, karena penyakit ini merupakan salah jenis kanker berbahaya. Limfoa sendiri merupakan kanker yang menyerang sel getah bening. Sel getah bening atau limfosit merupakan salah satu jenis sel darah, yang biasanya disebut sel adarh putih atau leukosit. Sel getah bening ini biasanya ditemukan dalam darah dan kelenjar getah bening. Saat limfoma menyerang beberapa sel getah benaing menjadi tidak normal, dan akan tumbuh menjadi kanker.

Limfoma ini mempunyai struktur yang kecil dan berada di sepanjang pembuluh darah, yang terkumpul dalam kelenjar getah bening. Sama dengan kanker pada umunya, pada organ yang diserang akan membesar dan membentuk benjolan. Pada awalnya benjolan yang biasanya terletak di leher, pangkal paha atau ketiak tidak terasa sakit. Namun, jika sudah menjalar dan berkembang, akan terasa sakitnya.

Limfoa ini juga dikelompokkan menjadi dua, yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin (NHL). Baik limfoma Hodgkin dan NHL, juga mempunyai beberapa jenis, kurang lebih ada 30 jenis limfoa, dan ada juga yang termasuk limfoa yang langka.

Baca juga :   Kenali Penyebab Dan Gejala Hepatitis Dari Sekarang

Penyebab Limfoma

Tidak banyak yang bisa diketahui tentang penyebab seseorang bisa terkena limfoma. Namun, umunya penyebaran kanker ini dikarenakan oleh infeksi virus.

Tanda Seseorang Terkena Limfoma

Jika seseorang sudah terdiagnosis terkena limfoma, banyak langkah yang harus dilakukan untuk mengetahui jenis dan tahap penanganan yang harus dilakukan. Jika tidak ingin kanker ini menjadi ganas, maka harus diketahui sejak dini gejala yang bisa menandai seseorang terkena penyakit ini. Nah, berikut akan dijelaskan beberapa tanda seseorang terkena limfoma:

Terdapat benjolan tanpa rasa sakit di leher, ketiak atau pangkal paha

Gejala ini adalah yang biasanya ditemukan jika seseorang terkena limfoma. Benjolan ini disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening. Banyak para penderita pada awalnya melihat benjolan ini ketika mandi. Namun, pbenjolan ini juga bisa bukan limfoma, dan untuk jelasnya bisa ke dokter.

Berat badan turun

Jika terkena limfoma, biasanya berat badan akan turun secara drastis tanpa sebab yang jelas. Biasanya seseorang akan kehilangan 10 atau 15 pound dalam beberapa bulan.

Demam

Demam yang terjadi tidak normal, kadng bisa sebentar-bentar kambuh atau bisa juga terus menerus, itu berarti Anda harus segera konsultasi dengan ahli medis. Bisa saja itu merupakan tanda seseorang terkena limfoma.

Baca juga :   Tips Cara Mengatasi Leher Pegal Dengan Mudah Menggunakan Es

Keringat berlebih saat malam

Tanda limfoma yang lain adalah keringat berlebih di malam hari. Jika Anda bermandikan keringat berlebih di malam hari, dan itu aneh karena tanpa sebab yang jelas, maka Anda harus segera menghubungi dokter.

Rasa gatal di seluruh tubuh Anda

Keadaan lain yang unik adalah seluruh tubuh menjadi yang berasal dari aktivitas sel-sel limfoma.

Kehilangan nafsu makan

Limfoma juga mempengaruhi nafsu makan, penderita akan menjadi tidak nafsu makan yang akan membuat berat badan turun.

Tubuh terasa lemah

Saat sel kanker berkembang, sel tersebut akan menyedot nutrisi tubuh, yang berdampak membuat tubuh menjadi lemah.

Limfoma bisa terjadi pada beberapa organ. Banyak gejala yang berbeda pada setiap penderita. Bisa saja ketika menyerang lambung, penderita mengalami nyeri perut, atau jika di otak, penderita mengalami sakit kepala. Saat Anda mengalami gejala yang sudah disebutkan diatas, bisa saja itu merupakan limfoma. Jika memang terjadi, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan kejelasan.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *