Home » Tips Sehat » Mengatasi Lidah Terasa Pahit Saat Sakit

Mengatasi Lidah Terasa Pahit Saat Sakit



lidah pahitTidak sedikit diantara kita yang jika sakit juga memiliki keluhan lidah yang terasa pahit. Biasanya rasa pahit ini timbul bersamaan dengan gejala mual-mual atau muntah-muntah.

Orang yang sedang sakit biasanya selera makannya menurun apalagi kalau ditambah saat mengunyah makanan terasa pahit dilidah, tentunya ini sedikit banyak juga mempengaruhi jumlah makanan yang dikonsumsi.

Rasa pahit dilidah biasanya disertai dengan bau nafas yang tidak sedap dan mulut kering. Makanan perlu dilarutkan dalam air liur untuk bisa dirasakan itu sebabnya Indera pengecap juga berkurang kemampuannya.

Rasa pahit dilidah saat sakit disebabkan karena berkurangnya produksi air liur karena berbagai sebab. Produksi air liur yang berkurang artinya juga oksigen di mulut juga berkurang sehingga memicu pertumbuhan bakteri anaerob. Bakteri-bakteri tersebut memproduksi sulfur yang menyebabkan bau tidak sedap dan rasa pahit dilidah.

Selain itu rasa pahit dilidah erat hubungannya dengan mual-mual dan muntah. Penyebab utamanya yakni asam lambung yang naik kemulut meninggalkan rasa pahit yang sering menetap beberapa waktu. Contoh kondisi yang mungkin menyebabkan mual-mual dan muntah yaitu maag, beberapa infeksi virus maupun bakteri, berbagai masalah pada pencernaan, sakit kepala, mengkonsumsi obat-obatan seperti antibiotik, ibuprofen dan steroid, mengkonsumsi bahan bahan yang mengiritasi lambung dan sebagainya.

Baca juga :   Tips Untuk yang malas Olahraga

Mual dan muntah kebanyakan dikendalikan oleh reflek dan merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh jadi sulit bagi kita untuk mengendalikannya tetapi kita bisa memperkecil kemungkinannya sehingga bisa mempercepat penyembuhan karena kita menyerap nutrisi dari makanan. Beberapa cara mencegah mual dan muntah:

  • Makan sedikit-sedikit tetapi sering
  • Minum minuman hangat dan makanan berkuah yang hangat
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B6
  • Hindari bau-bauan menyengat
Perubahan rasa dilidah juga bisa disebabkan karena terganggunya indera penciuman. Kemampuan membau erat hubungannya dengan kemampuan merasa, kalau indera pembau sedang dalam kondisi tidak baik seperti pada saat sakit flu, demam, sinusitis, infeksi hidung, polip, maupun rhinitis alergi, kemampuan lidah untuk mengecap juga terpengaruh.
Untuk mengatasi rasa pahit dilidah saat sakit berikut ini cara mengatasinya
  • Sikat gigi. Asam lambung akan dinetralisir oleh pasta gigi yang sifatnya basa selain itu pasta gigi juga kebanyakan mengandung mint yang memberikan sensasi segar dimulut jadi kapanpun lidah terasa pahit setelah mual atau muntah, menyikat gigi bisa menetralisirnya.
  • Hindari kopi dan rokok
  • Berkumur dengan obat kumur.
  • Makan makanan yang banyak mengandung serat. Yang banyak mengandung serat alami tentu saja buah-buahan dan sayuran. Makanlah dengan cara mengunyah lebih lama karena selain membersihkan mulut juga makanan yang halus mempermudah kerja sistem pencernaan sehingga mengurangi rasa mual.
  • Banyak minum air putih untuk meningkatkan produksi air liur dan mengencerkan lendir di hidung.
  • Suplemen multivitamin untuk meningkatkan kondisi tubuh.
Baca juga :   Penyebab dan Cara Mengobati Usus Buntu Secara Alami



loading...

Artikel terkait Mengatasi Lidah Terasa Pahit Saat Sakit

lidah terasa pahit. cara mengatasi lidah pahit. lidah pahit. mengatasi lidah pahit. cara menghilangkan rasa pahit di lidah. cara mengatasi mulut pahit. cara menghilangkan rasa pahit di mulut.