Home » Info Kesehatan » Penyebab Lidah Pahit Saat Sakit

Penyebab Lidah Pahit Saat Sakit



Semua makanan yang dikunyah akan terasa pahit ketika kondisi badan kita kurang sehat. Selera makan akan berkurang karena semua makanan terasa pahit, tak terkecuali makanan yang rasanya manis. Rasa pahit di lidah biasanya akan diikuti dengan beberapa kondisi, seperti bau mulut dan mulut kering. Jadi rasa pahit ini tidak muncul sendirian.

Perlu Anda ketahui bahwa makanan dapat dirasakan oleh lidah jika makanan telah larut dalam air liur. Oleh sebab itu, mulut yang kering akan menyebabkan berkurangya kemampuan lidah dalam mengecap rasa.

Kutipan dari The Breath, penyebab yang umum terjadinya mulut kering adalah menurunnya produksi air liur yang disebabkan oleh banyak faktor. Seiring berkurangnya air liur makan oksigen juga akan berkurang, dan ini akan memicu bakteri anaerob untuk tumbuh.

Dalam jumlah yang cukup besar gas-gas sulfur tersebut dihasilkan oleh bakteri-bakteri tersebut, inilah yang menjadi penyebab munculnya bau yang tidak sedap dari dalam mulut. Selain itu, bakteri ini juga menyebabkan lidah merasakan sensasi pahit.

Baca juga :   Manfaat Bermain Musik bagi Kesehatan Fisik

Sebagian orang ada yang memiliki permukaan lidah yang kasar, mereka dengan permukaan lidah kasar akan lebih rentan untuk ditumbuhi bakteri. Ini disebabkan oleh papilla (tonjolan lidah) yang lebih besar, jika dilihat secara sepintas lidah akan terlihat berbulu dan lebih putih.

Ternyata ada kaitannya antara kemampuan lidah untuk mengecap dan kemampuan hidung untuk mencium bau, kata salah seorang dokter dari Frankford Hospitals, Dr. Rob Danoff.

Ada beberapa kondisi dimana lidah akan terasa pahit, diantaranya ketika mengalamai sinusitis, demam, flu, rhinitis alergi, polip, dan infeksi hidung. Walaupun fungsi lidah masih baik, tapi kemampuannya dalam mengecap rasa menjadi berkurang karena kemampuan hidung dalam mencium bau tidak dapat bekerja dengan baik.

Dr. Rob menjelaskan lidah  yang terasa pahit disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

– Tidak terjaganya kebersihan mulut.

– Obat-obatan seperti antibiotic, anti tiroid, obat saraf, sedaian seng, dll.

– Obat kemoterapi dan radiasi.

– Keadaan medis seseorang, seperti Parkinson, GERD, diabetes, bellâ??s palsy.

Baca juga :   Mengatasi Permasalahan Kulit Tidak Mulus

– Beberapa bagian seperti hidung, mulut dan kepala mengalami cedera.

– Kanker pada leher maupun kepala.

– Terdapat infeksi jamur di daerah mulut dan lidah.

Kutipan dari The Breath, menjelaskan tentang pencegahan mulut kering dapat dilakukan dengan:

– Jauhi rokok dan kopi.

– Hindari produk seperti detergen, shampoo, pasta gigi atau produk-produk lain yang mempunyai kandungan sodium lauryl sulfate.

– Pakailah obat kumur sekitar 90 detik/harinya.

– Konsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari.

– Rutinlah setiap hari mengkonsumsi vitamin C.

 




loading...

Artikel terkait Penyebab Lidah Pahit Saat Sakit