Latihan Yoga Membantu Penderita Insomnia



Sebagian besar latihan yoga yang dilakukan lebih mengutamakan terhadap latihan fisik, hal ini dilakukan untuk melatih kelenturan pada otot, melatih pernapasan, relaksasi dan meditasi. Latihan yoga sangat bermanfaat dalam meningkatkan kelenturan, keseimbangan serta kekuatan tubuh dan mengatasi insomnia.

Dewasa ini, banyak orang yang mengalami gangguan tidur. Para ahli kesehatan sering menyarankan bahwa waktu istirahat kurang lebih sekitar 7-8 jam setiap malamnya, hal ini dilakukan supaya tubuh tetap bugar dan sehat setiap hari. Tidur yang berkualitas dapat Anda dapatkan dengan berlatih yoga.

Tim peneliti dari Harvard Medical School menjelaskan, untuk menjauhkan gangguan tidur (insomnia) sangat efektif sekali bila dilakukan dengan pemusatan perhatian dan latihan pernapasan, sama halnya dengan latihan pada yoga.

Penelitian ini melibatkan 20 orang yang melakukan latihan yoga sebelum tidur dan diamati selama 8 minggu. Para peneliti meminta para partisipan untuk menuliskan kesulitan tidur yang dialami selama 2 minggu sebelum melakukan latihan yoga dan delapan minggu selama melakukan latihan yoga.

Baca juga :   Gejala Tubuh Kurang Gizi

Pengakuan para partisipan setelah melakukan latihan yoga adalah mengalami kualitas tidur yang lebih baik dan waktu tidur yang lebih total jika dibandingkan ketika belum melakukan latihan yoga. â??Yoga adalah terapi yang efektif karena mengurangi efek fisik dan psikologi akibat insomnia,â? jelas Sat Bir Khalsa selaku asisten pengobatan Harvard Medical School. Penelitian yang telah diterbitkan oleh jurnal Menopause dijelaskan bahwa yoga bermanfaat untuk mengurangi gejala menopause serta gangguan tidur. Semua partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah penderita insomnia yang tidak memperoleh terapi hormon.

Gerakan pada latihan yoga diantaranya peregangan di dalam otot, sendi, serta jaringan ligament. Gerakan ini relatif aman untuk dilakukan pada segala usia. Namun ada juga latihan yoga yang agresif, seperti ashtanga dengan fokusnya pada latihan kekuatan otot. Dan, latihan ashtanga berguna untuk menguatkan postur tubuh, menguatkan otot perut, dan mengatasi gejala pada nyeri pinggang.

Yoga juga memiliki manfaat lain, yakni meningkatkan kinerja paru-paru sehingga ketika berolahraga stamina menjadi meningkat. Kondisi tersebut disebabkan oleh latihan pernapasan dalam dan relaksasi pada tubuh juga pikiran yang ada pada latihan yoga.

Baca juga :   7 Mitos yang Terkait dengan Nyeri



loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *