Latihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Otak



Tidak hanya badan yang perlu dilatih tetapi otak juga memerlukan latihan untuk meningkatkan kemampuannya. Seperti halnya otot yang membesar dan menguat jika dilatih, otak juga akan lebih “berotot” jika dilatih setiap hari. Kemampuan otak dibagi menjadi memori, tingkat perhatian, bahasa, visual-spasial, dan fungsi eksekutif. Sebenarnya melakukan aktifitas mental sehari-hari yang menantang juga termasuk dalam olahraga otak tetapi kalau ingin lebih banyak meningkatkan kemampuan otak tidak ada salahnya mencoba beberapa metode dibawah ini

1. Latihan memori

Memori memegang peranan penting dalam kegiatan sehari-hari. Baik memori jangka pendek maupun jangka panjang hampir setiap waktu digunakan. Latih memori anda mulai dengan cara yang sederhana. Dengarkan musik yang jarang atau belum pernah anda dengar dan tantang diri anda sendiri untuk menghafalkan liriknya secepat mungkin. Cara lain untuk melatih memori adalah dengan mandi dalam keadaan mata tertutup dan berpakaian dalam keadaan mata tertutup juga. Bertemu dan mengobrol dengan orang lain juga salah satu cara untuk melatih memori yang sudah terbentuk.

Baca juga :   Ada Manfaat Jika Anda Menangis

2. Melatih tingkat perhatian

Tingkat perhatian atau atensi yang baik menjaga kita untuk tetap berkonsentrasi dan fokus pada suatu hal meskipun ada gangguan dari lingkungan sekitar. Kita bisa melatih bagian otak yang berperan dalam mengatur fungsi atensi dengan cara merubah kebiasaan. Misalnya jika anda biasa pergi kekantor melewati jalan A, maka cobalah untuk pergi ke kantor melalui jalan B atau bila biasanya anda menggunakan tangan kanan untuk memegang mouse, coba kendalikan kursor dengan  tangan kiri. Menjadikan kegiatan anda bervariasi setiap hari tidak hanya melatih tingkat perhatian tetapi juga membuat kita jauh dari kebosanan. Cara lain untuk melatih tingkat perhatian adalah dengan mengerjakan sesuatu secara bersama sama, misalnya menonton TV sambil menghitung sesuatu, atau olahraga sambil mendengarkan musik.

3. Melatih kemampuan berbahasa

Untuk melatih kemampuan ini coba untuk membaca sesuatu yang lain, jika biasanya anda membaca tentang kesehatan sekali-sekali baca juga kolom teknologi, bisnis atau baca novel. Berbicara dengan orang baru atau orang yang berbeda minat dengan anda juga bisa melatih kemampuan berbahasa. Jika anda tertarik dengan negara tertentu atau daerah tertentu tidak ada salahnya mempelajari bahasa baru atau memperdalam bahasa yang belum sempurna anda kuasai.

Baca juga :   Fantastisnya Vitamin D

4. Visual-spasial

Kita hidup di dunia yang penuh dengan warna dan tiga dimensi. Menganalisis informasi visual dan ruang disekitar anda mengaktifkan fungsi ini. Latihannya, masuklah kedalam suatu ruangan dan ambil 5 buah benda atau lebih kemudian keluar dari ruangan dan ingat-ingat kembali dimana posisi asal benda tersebut. Terlalu mudah? Sekarang coba tambahkan waktu, setelah mengambil benda tersebut beberapa jam berikutnya cobalah untuk mengingatnya. Latihan ini akan lebih menantang jika dilakukan diruangan yang luas dengan banyak benda misalnya di perpustakaan.

5. Melatih fungsi eksekutif

Meskipun tanpa disadari, setiap hari kita melakukan analisis suatu masalah dan kemudian seringkali mengambil keputusan. bermain video game dan catur adalah beberapa cara untuk melatih fungsi eksekutif. Berkerja dalam tim dan organisasi juga melatih kemampuan ini.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *