Home » Berat badan » Tips Sehat » Kurang Tidur Bikin Cepat Gemuk

Kurang Tidur Bikin Cepat Gemuk



tipskesehatanlengkap.com. Sering kurang tidur karena perkerjaan, atau karena sekedar ingin menghabiskan malam bersama teman-teman? mungkin sudah waktunya mengurangi kebiasaan buruk tersebut.

tidur malam untuk kesehatanKurang tidur dan atau begadang pada malam hari membuat metabolisme tubuh lambat, menurut sebuah studi di Eropa itu disebabkan karena tubuh kita ingin beristirahat sehingga menggunakan energi lebih sedikit.

Ada bukti bahwa kurang tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan, tidak hanya dengan memperlambat tingkat pemkalaran kalori menjadi energi, tetapi juga meningkatkan rasa lapar seperti yang dilaporkan dalam jurnal American of Clinical Nutrition.

Seperti dikutip dari router, Christian Benedict  dari Uppsala University di Swedia yang memimpin studi ini mengatakan bahwa tidur cukup dapat mencegah kenaikan berat badan.

Dalam jurnal ia menulis, “Temuan kami menunjukkan bahwa satu malam kurang tidur mengurangi secara akut pengeluaran energi pada pria sehat, yang menunjukkan tidur berkontribusi pada regulasi pengeluaran energi di siang hari pada manusia”

Studi sebelumnya telah mengaitkan kurang tidur dengan pertambahan berat badan dan juga menunjukkan bagaimana tidur yang terganggu juga mengganggu tingkat stres dan kelaparan terkait hormon selama jam terjaga.

Kurang tidur juga dapat menurunkan kadar konsentrasi, Mempengaruhi bagi kesehatan kulit, mudah lupa, dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan beberapa penyakit. Baca mengapa tidur malam itu penting

Benedict dan teman-teman meminta 14 relawan mahasiswa laki-laki melalui serangkaian “kondisi” tidur  untuk membantu mengidentifikasi mekanisme yang tepat. Para siswa menjalani tidur yang normal, tidur dibatasi dan tidak tidur selama beberapa hari, kemudian Benedict mengukur perubahan gula darah mereka, berapa banyak mereka makan, tingkat hormon dan indikator lainnya.

Dibandingkan dengan pagi hari setelah tidur malam yang baik, mereka menemukan bahwa bahkan satu malam tidak tidur  mengurangi pengeluaran energi untuk tugas seperti pencernaan dan pernapasan hingga 5-20% dan memperlambat metabolisme keesokan harinya.

Indikator lain yang muncul, para relawan juga memiliki tingkat hormon stres lebih tinggi pagi  seperti kortisol, gula darah tinggi, dan nafsu makan yang mengatur hormon seperti ghrelin setelah gangguan tidur.

Para ahli mengatakan bahwa faktor-faktor seperti gaya hidup dan diet mungkin menambah risiko obesitas dan itu tidak jelas bahwa kurang tidur menyebabkan obesitas.

Sanford Auerbach, kepala Sleep Disorders Center di Boston Medical Center, mencatat bahwa kurang tidur adalah masalah yang rumit, dengan obat-obatan dan masalah lain yang mempengaruhi tidur juga, dan mendesak bahwa temuan baru disimpan dalam konteks.

“Mereka menunjukkan bahwa kita beradaptasi kurang tidur dan bahwa beberapa adaptasi ini secara teoritis dapat memberikan kontribusi untuk obesitas,” ia, menambahkan bahwa itu tidak jelas bagaimana kurang tidur kronis mempengaruhi tingkat hormon.

National Sleep Foundation merekomendasikan bahwa orang dewasa sebaiknya tidur sekitar tujuh sampai sembilan jam setiap malam.

Kalau anda ingin menggemukan badan bukan berarti mengurangi tidur dapat mempercepat program anda. Menggemukan badan dengan mengurangi tidur adalah tindakan yang sama sekali tidak sehat.

Biasakan untuk tidur setiap malam pada jadwal yang telah anda tentukan sebelumnya dan jika karena alasan tertentu anda mengurangi waktu tidur , tidur siang akan dapat membuat anda lebih segar dan mengembalikan tingkat energi meskipun tidak sebaik jika tidur malam tepat waktu.




loading...

Artikel terkait Kurang Tidur Bikin Cepat Gemuk

cara menggemukan badan walaupun kurang tidur. benarkah kurang tidur bikin gemuk. kurang tidur bikin gemuk. apakah tidur malam bikin gemuk. apakah tidur malam membuat tubuh menjadi gendut. apakah tidurmaem bisa buat gemuk?. appa kurang tidur bisa bikin gemuk.