Konsumsi Buah dan Sayur Membuat Kulit Mulus



Dari sebuah penelitian terbaru mengindikasikan bahwa diet dengan buah dan sayur  adalah cara yang paling baik dan alami untuk menjadikan kulit nampak lebih baik dan menarik. Para peneliti Skotlandia dalam riset terbarunya menemukan bahwa diet dengan buah dan sayur  menyebabkan terjadinya perubahan warna kulit pada orang kulit putih menjadi kekuningan dan kemerahan.

Para peneliti berkesimpulan bahwa buah dan sayur  mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan juga banyak mengandung pigmen nabati, yang bisa mempengaruhi perubahan warna kulit. Hasil dari temuan tersebut sudah diterbitkan pada jurnal online PLos ONE. Riset tersebut dilakukan oeh para peneliti dengan mengumpulkan data yang diambil dari 35 mahasiswa dari Universitas of St Andrews â?? Skotlandia. Rata-rata usia mahasiswa adalah 21 tahun.

Proses penelitian dilakukan dengan meminta peserta studi untuk mengisi form kuesioner frekuensi makanan, di dalam form menjelaskan rutinitas peserta dalam makan beberapa jenis makanan tertentu selama 6 minggu dalam 3 sesi penelitian. Jawaban peserta dalam kuesioner menunjukan hasil, para siswa rata-rata dalam sehari memakan 3,5 porsi sayuran serta buah.

Baca juga :   Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Konsumsi Minuman Berenergi

Selain itu, para ilmuwan melakukan pengukuran terhadap warna kulit para peserta yang ada di 7 lokasi tubuh, seperti bagian, dahi, pipi, lengan atas dan bahu, ini dilakukan di awal penelitian, minggu ke 3 dan ke 6.

Hasil dari penemuan telah menunjukkan bahwa waktu yang dibutuhkan tidak lama dan dalam memperbaiki penampilan kulit tidak membutuhkan peningkatan besar pada makanan. Para peneliti dalam waktu 6 minggu melihat ada peningkatan dan perubahan yang sangat jelas pada warna kulit yang berubah menjadi  kemerahan serta kekuningan pada orang yang jumlah asupan buah dan sayurannya tinggi.

Menurut para peneliti, â??Perubahan warna kulit ada hubungannya dengan apa yang Anda makan selama periode waktu yang relatif singkat dan itu dicapai melalui perubahan pola makan yang relatif sederhana.â?

Peneliti berkesimpulan bahwa senyawa karotenoid, yakni pigmen dalam buah-buahan dan sayur yang memberikan warna kuning, merah dan oranye merupakan faktor yang paling utama dalam memberikan perubahan pada warna kulit. Makanan yang kaya akan karoten, diantaranya ubi, wortel, aprikot dan labu, serta beberapa sayuran yang mempunyai warna hijau tua, seperti kangkung, dan bayam. Ada juga  di dalam tomat dan jeruk yang banyak ditemukan likopen dari jenis karotenoid.

Baca juga :   4 Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Pendengaran

Para ilmuwan masih belum tahu apakah penelitian ini dapat memberikan manfaat yang sama bagi orang yang mempunyai perbedaan pigmentasi kulit, atau apakah perubahan yang sama akan terjadi pada orang dewasa yang lebih tua.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *