Home » Tips Sehat » Khasiat Rumput Laut untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat Rumput Laut untuk Menjaga Kesehatan Jantung



Banyak yang membayangkan bahwa menjaga kesehatan jantung sangat sulit, sebenarnya tidak sesulit itu. Salah satu cara mudah untuk menjaga jantung supaya tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, contohnya rumput laut. Khasiat rumput laut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Adanya sebuah penelitian menjelaskan bahwa rumput laut dapat dijadikan alternatif sayuran yang mampu menggugah selera makan. Bahkan, bila rumput laut dikonsumsi pada malam hari mampu membantu untuk mencegah serangan jantung.

Penemuan dari para peneliti, yakni rumput laut memiliki kandungan atau bahan yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Fungsinya hampir serupa dengan obat yang sering diresepkan dokter.

Sebuah studi menyatakan, peptioda bioaktif adalah senyawa dengan protein tinggi yang terdapat dalam rumput laut. Di dalam susu, senyawa tersebut juga ditemukan. Cara kerjanya hampir serupa dengan obat ACE inhibitor, obat ini sering diresepkan oleh dokter untuk mencegah serangan jantung, menurunkan tekanan darah dan juga stroke.

Rumput laut juga memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Bahkan untuk beberapa ilmuwan sudah mengklaim khasiat dan kegunaannya untuk membantu program diet atau penurunan berat badan, cara kerjanya dengan mencegah proses penyerapan lemak.

Baca juga :   Khasiat Madu untuk Perawatan Kulit

Penelitian yang telah dipublikasikan oleh Jurnal American Chemical Societyâ??s Journal of Agricultural and Food Chemistry, dengan melihat 100 penelitian yang telah membuktikan khasiat rumput laut. Dilakukannya hal ini semata-mata untuk mengetahui potensi yang ada dalam rumput laut sebagai jenis makanan yang kaya akan serat dan sebagai upaya dalam memanfaatkan kandungan senyawa bioaktif.

Menurut Dr. Maria Hayes yang bertugas di Teagasc Food Research Centre, Dublin Jerman, mengatakan â??Spesies alga dari berbagai lingkungan perairan serta kemudahan budidaya, bisa membuat alga menjadi sumber pangan, dan belum terlalu dimanfaatkan sebagai senyawa bioaktif baru.â?

Wakame merupakan varietas rumput laut yang paling terkenal, rumput laut ini sering dipakai untuk membuat sup miso. Anda juga bisa mendapatkan kombu dan nori di supermarket. Jadikanlah sebagai menu sehari-hari dengan mengolahnya sebagai makanan lezat, hal ini untuk menjaga jantung supaya tetap sehat.




loading...

Artikel terkait Khasiat Rumput Laut untuk Menjaga Kesehatan Jantung