Home » Tips Sehat » Khasiat Minyak Kayu Putih â?? Cajuput Oil

Khasiat Minyak Kayu Putih â?? Cajuput Oil



minyak kayu putihPenggunaan minyak kayu putih sangat lazim baik untuk dewasa maupun anak-anak. Kandungan minyak atsirinya terbukti memberikan berbagai manfaat untuk tubuh. Rasa hangatnya yang pas nyaman dioleskan di perut, leher, kening dan hidung untuk mengusir masuk angin pusing, mual atau hanya sekedar untuk menghangatkan badan.

Minyak yang banyak di produksi di Sulawesi ini memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti antibaikteri, antiseptik, insektisida, analgesic, stimulan, antispasmodik dan dekongestan.

Anti bakteri

Minyak kayu putih dapat membasmi beberapa macam bakteri, jamur dan virus yang dapat merugikan kesehatan seperti kolera, thypoid dan menghambat tetanus sebelum diberikan vaksin.

Insektisida

Bau minyak kayu putih tidak disukai serangga seperti nyamuk, lalat dan semut. Bisa dicampur air dan disemprotkan ke ruangan untuk mengusir serangga. Bisa juga menempatkan tanaman kayu putih di sekitar rumah atau didalam ruangan untuk mengusir nyamuk. Cajuput oil juga mampu mengatasi gatal dan bentol akibat gigitan nyamuk.

Dekongestan

Dengan menghirup atau mengoleskannya dihidung, wangi dan rasa hangatnya dapat melegakan hidung tersumbat dan saluran pernafasan saat pilek atau flu.

Baca juga :   Cara Mengatasi Suara Serak dan Hilang

Stimulan

Sebagai stimulan, minyak kayu putih memberikan rasa hangat, memperlancar sirkulasi dan merangsang sekresi kelenjar termasuk keringat. Ini bermanfaat karena bisa mengeluarkan toksin dari dalam tubuh.

Analgesik

Dapat mengurangi rasa sakit merupakan salah satu manfaat minyak kayu putih yang paling sering dimanfaatkan. Cepat untuk mengurangi sakit kepala, sakit gigi atau rasa pegal di leher dan bahu.

Antispasmodik

Sifat antispasmodik atau anti kram yang dimilikinya biasanya dimanfaatkan untuk meredakan kram dengan cara dioleskan pada perut saat kram mestruasi atau bagian tubuh lain yang mengalami kram.

Meskipun bisa diminum tetapi sebaiknya tetap dalam jumlah kecil misalnya beberapa tetes saja dan tidak dengan konsentrasi tinggi karena dapat menimbulkan iritasi sedangkan penggunaan sebagai obat luar seperti dengan cara dioleskan atau dihirup cukup aman.




loading...

Artikel terkait Khasiat Minyak Kayu Putih â?? Cajuput Oil

kegunaan minyak kayu putih kajuput oil.