Home » Makanan dan Minuman » Khasiat Cokelat dan Es Krim Bagi Kesehatan

Khasiat Cokelat dan Es Krim Bagi Kesehatan



Cokelat dan es krim adalah makanan yang banyak digemari, tapi ada beberapa orang yang memilih untuk menghindari makanan ini dikarenakan sedang menjalani program diet. Penyebab mengapa mereka menghindari makanan ini, dikarenakan kandungan kalori yang terdapat pada cokelat dan es krim terlalu tinggi.

Es krim mempunyai rasa yang lezat sehingga banyak orang yang menyukainya, terlebih anak-anak. Di balik kelezatannya, ternyata es krim mempunyai beberapa fakta gizi.

Namun di balik itu semua, banyak yang tidak menyangka kalau cokelat dan es krim banyak menyimpan manfaat. Bagi orang yang mengkonsumsi makanan ini akan merasakan suatu kenyamanan dan rileks, ini adalah salah satu manfaatnya. Beberapa penelitian juga mengatakan hal yang sama, bahwa cokelat dan es krim memberikan rasa nyaman, ketenangan dan rileks.

Kandungan kafein yang terdapat pada cokelat menyebabkan rasa tenang dan nyaman, walaupun kadarnya tidak sebanyak kopi. Di dalam cokelat juga terdapat kandungan theobromine yang mempunyai sifat sebagai vasodilator yaitu melebarkan pembuluh darah.

Kondisi tersebut menjadikan otot yang awalnya tegang menjadi rileks kembali dan membuat jantung menjadi giat lagi, akibatnya suasana hati yang awalnya murung menjadi riang kembali.

Hasil penelitian yang dilakukan Institute Psikiatri London dengan melibatkan para sukarelawan menyimpulkan bahwa es krim yang dikonsumsi para sukarelawan membuatnya merasa lebih nyaman. Ada dampak positif dari konsumsi es krim, khususnya untuk bagian orbitrofrontal cortex, bagian ini adalah bagian depan otak yang mempunyai fungsi untuk menganalisis banyak hal.

Munculnya rasa nyaman dan tenang disebabkan oleh kalsium, kandungan kalsium terdapat pada susu yang menjadi bahan utama pembuat es krim. Efek rileks pada otot disebabkan oleh kalsium. Kondisi inilah yang menjadi penyebab seseorang merasakan suatu kenyamanan dan ketenangan setelah mereka mengkonsumsi es krim.

Baca juga :   Ternyata Teh Bermanfaat untuk Gigi

Manfaat untuk kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Konsumsi dari makanan dengan kandungan flavonoid tinggi dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner. Salah satu makanan dengan kandungan flavonoid tinggi adalah cokelat. Kandungan flavonoid yang tinggi pada cokelat berfungsi untuk menghambat oksidasi LDL yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kandungan flavonoidnya juga berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat dalam mencegah terjadinya penuaan dini.

2. Merangsang sistem imun tubuh.

Kandungan sitokin yang diproduksi menjadikan cokelat mampu merangsang sistem imun tubuh, sitokin adalah protein yang menjadi bagian sistem kekebalan tubuh.

3. Mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Penelitian yang dilakukan oleh Institute of Community Medicine, dari Universitas Tromso-Norwegia, menjelaskan, risiko terserang kanker untuk wanita  pramenopause dapat dikurangi dengan mengkonsumsi susu sebanyak 3 gelas atau lebih setiap sehari.

Anggapan yang sering salah

1. Penyebab utama kerusakan pada gigi (karies) adalah cokelat.

Sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi adalah penyebab yang paling umum pada kerusakan gigi. Lakukanlah gosok gigi dengan segera setelah Anda mengkonsumsi cokelat, ini cara yang efektif untuk menghindari kerusakan pada gigi.

2. Penyebab batuk dan pilek adalah Es krim.

Masyarakat pada umumnya beranggapan bahwa es krim dapat menyebabkan batuk. Menurut mereka suhu dingin pada es krim akan mengiritasi saluran pernapasan yang akhirnya akan menimbulkan batuk. Anggapan ini tidak benar, dikarenakan ketika es krim masuk ke dalam mulut, es krim tersebut akan segera mencair. Suhu tubuh orang yang memakan es krim adalah penyebab utama mengapa es krim cepat mencair. Suhu es krim ketika masuk ke dalam kerongkongan sudah tidak terlalu dingin seperti air es. Walaupun begitu, ada baiknya untuk penderita amandel, asma atau radang tenggorokan perlu menghindarinya dikarenakan penyakit tersebut akan mudah kambuh jika terkena suhu yang dingin.

Baca juga :   Pentingnya Sarapan Pagi Untuk Memulai Hari

3. Penyebab kegemukan adalah es krim.

Kenyataannya, penyebab kegemukan adalah lemak dan energi yang berlebihan, aktifitas fisik yang kurang, faktor keturunan, kebiasaan makan yang tidak baik. Sedangkan untuk satu takaran saji es krim mengandung energi dan lemak sekitar 10% dari jumlah keselurahan kebutuhan energi dalam satu hari dan 15 dari jumlah keselurahan kebutuhan lemak dalam satu hari.

Kandungan gizi dalam es krim sangat tinggi

Kandungan gizi yang terdapat pada es krim sangatlah tinggi. Ini dikarenakan bahan-bahan yang dipakai untuk membuat es krim dari bahan-bahan seperti lemak susu, krim, skim, pengemulsi, gula pasir, pencita rasa dan bahan penstabil. Kurang lebihnya sekitar 100 gram es krim terdapat bahan susu dengan kandungan kalori 110 sampai 130 kalori dan kandungan proteinnya sebanyak 2,5 sampai 3 gram.

Jadi, apabila kondisi Anda sedang down ada baiknya Anda mencoba menikmati es krim supaya semangat Anda bangkit lagi serta perasan negatif yang muncul biarkan berlalu sejalan dengan mencairnya es krim pada mulut Anda.




loading...

Artikel terkait Khasiat Cokelat dan Es Krim Bagi Kesehatan

manfaat es krim. manfaat ice cream. manfaat ice cream walls. manfaat makan es krim. manfaat es krim coklat. manfaat es krim walls. ice cream walls untuk penderita amandel.