Home » Penyakit dan Terapi » Ketahui Penyebab Dan Solusi Terkena Gigi Sensitif

Ketahui Penyebab Dan Solusi Terkena Gigi Sensitif



Gigi SensitifGigi sensitif sangat menyiksa bagi yang menderita gangguan gigi ini. Kebanyakan pasien gigi sensitif, tidak tahu cara mengobati gigi sensitif secara permanen. Selain mengetahui cara penyembuhannya, Anda juga perlu tahu penyebab gigi sensitif itu apa.

Gigi sensitif itu sendiri adalah suatu kondisi yang akan mengakibatkan rasa sakit dan tidak nyaman pada gigi yang timbul ketika seseorang sedang mengkonsumsi makanan atau minuman panas, dingin dan rasa asam. Kebanyakan penderita adalah orang dewasa dengan intensitas rasa sakit yang berbeda, dari rasa sakit yang kadang bisa hilang, dan kadang juga bisa permanen.

Gangguan pada gigi ini bisa dihindari dan bisa disembuhkan. Ada banyak trik yang bisa digunakan untuk menjinakkan rasa sakit akibat gigi sensitif. Solusi itu bisa dicapai jika Anda mengetahui dan memahami penyebab utama terjadinya gangguan gigi sensitif itu sendiri.

Hal pertama yang umum dilakukan setiap penderita gigi sensitif adalah memakai pasta gigi khusus gigi sensitif, mencuci mulut dengan produk kumur, atau menggunakan gel untuk mengurangi rasa sakitnya, dan membuat email gigi menjadi keras agar tidak cepat aus. Namun, metode satu ini tidak efektif. Hal ini disebabkan karena produk tersebut hanya membantu gigi mengusir rasa sakit sementara, tidak mengatasinya secara permanen.

Baca juga :   Hal-Hal Yang Bisa Menyebabkan Seseorang Terkena Kanker Usus Besar

Demineralisasi  pada gigi merupakan penyebab utama terjadinya gigi sensitif, satu atau dua gigi bisa terkena demineralisasi . Demineralisasi adalah kehilangan mineral dan terkikisnya email pada gigi. Jika terkena maka sakit gigi tak terelakkan. Hal ini akan menyebabkan gigi bisa tanggal.

Saat demineralisasi dimulai, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam akan memperburuk keadaan. Semua penderita gigi sensitif harus menghindari makanan atau minuman asam hingga proses remineralisasi gigi selesai. Dan pada saat ini, gigi akan kembali kuat.

Sekarang, jika Anda sudah tahu penyebab utama gigi sensitif adalah demineralisasi gigi, mungkin Anda bertanya, mengapa demineralisasi bisa timbul pada gigi, dan apa yang menyebabkan terjadinya proses kehilangan mineral pada gigi ini? Nah, jawabannya yaitu terlalu banyaknya konsumsi gula tinggi, sedangkan mengkonsumsi makanan kaya nutrisi lebih sedikit. Menurut para pakar kesehatan gigi, kerusakan gigi akibat konsumsi gula berlebih bisa menghabiskan nutrisi dalam tubuh, terlebih mineral.

Setelah sudah mengetahui penyebabnya, sekarang ada solusi yang bisa dipakai untuk menyembuhkan gigi sensitif, diantaranya yaitu menghindari makanan yang banyak mengandung gula dan asam, serta memperbanyak konsumsi nutrisi yang baik bagi kesehatan gigi, khususnya makanan yang mengandung banyak mineral. Serta menjaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi secara teratur. Namun, jangan menggososk terlalu keras karena dapat menjadikan gigi ngilu.

Baca juga :   Kendalikan Darah Tinggi Tanpa Obat

Itulah penjelasan tentang penyebab dan solusi gigi sensitif. Harus disadari bahwa menjaga kesehatan gigi sangat penting karena gigi itu merupakan proses awal dari proses pencernaan.




loading...

Artikel terkait Ketahui Penyebab Dan Solusi Terkena Gigi Sensitif