Home » Penyakit dan Terapi » Kendalikan Darah Tinggi Tanpa Obat

Kendalikan Darah Tinggi Tanpa Obat



darah tinggiGaya hidup memegang peranan penting dalam mengendalikan tekanan darah tinggi. Kalau anda terdiagnosis darah tinggi yakni sistolik diatas 140 dan diastolik diatas 90 maka perubahan lifestyle menjadi pertahanan pertama terhadap kenaikan tekanan darah yang bisa menimbulkan komplikasi.

Dibawah ini adalah cara-cara mengendalikan tekanan darah tinggi tanpa menggunakan obat alias melalui perubahan gaya hidup.

1. Kurangi berat badan.

Badan yang tambun membuat jantung berkerja extra supaya darah yang mengandung nutrisi bisa sampai ke jaringan yang terjauh. Lemak kolesterol yang berlebih juga bisa menyebabkan penumpukan lemak didalam pembuluh darah arteri sehingga arteri semakin sempit serta kehilangan elastisitasnya, akibatnya darah mengalir dengan deras yang mengakibatkan hipertensi.

Selain berat badan, lingkar pinggang juga bisa menjadi ukuran resiko kenaikan tekanan darah. Pada pria, resiko darah tinggi akan meningkat jika lingkar pinggang lebih dari 90cm sedangkan pada wanita tekanan darah tinggi semakin banyak pada wanita yang lingkar pinggangnya lebih dari 80 cm.

2. Lebih banyak Olahraga

Olahraga dan aktifitas fisik mempunyai efek yang hampir instan. Hanya dengan latihan selama 30 sampai 60 menit sehari  minimal 5 kali dalam seminggu sudah dapat menurunkan tekanan  darah 4-9 mmHg.

Baca juga :   Penyebab Anak Tidur Ngorok dan Efeknya

Bahkan orang dengan kondisi pre-hipertensi (sistolik 120-129, diastolik 80-89) bisa sembuh hanya dengan melakukan olahraga secara rutin.

3. Kurangi konsumsi sodium

Sodium paling banyak terdapat dalam garam, satu sendok teh garam mengandung kurang lebih 2300mg sodium. Dengan mengurangi sedikit konsumsi sodium saja, bisa menurunkan tekanan darah hingga 2-8 mmHg. Makanan dengan sodium tinggi memang enak dan gurih. Mengurangi konsumsi sodium berarti makanan menjadi lebih hambar tetapi jangan khawatir karena setelah lidah kita terbiasa makan makanan yang mengandung sedikit sodium maka makanan itu akan tetap terasa enak.

4. Diet sehat

Untuk diet sehat, anda bisa mengikuti saran dari dokter yang menangani masalah anda atau bisa juga menggunakan contoh diet sehat berikut ini

  • Karena salah satu program kita adalah penurunan berat badan, kurangi konsumsi nasi dan karbohidrat serta tambah sayur-sayuran dan buah-buahan.
  • Tambah konsumsi potasium karena mempunyai efek kebalikan dari sodium. Sebaiknya potasium didapatkan dalam sayur dan buah. Buah  dan sayur dengan potasium tinggi seperti pisang, tomat, bayam, jeruk, kismis, almond, biji bunga matahari dan kentang.
  • Lebih teliti dalam berbelanja dan tambah pengetahuan tentang nutrisi. Setiap belanja, baca label kandungan nutrisi pada makanan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya pilih makanan dengan sodium, lemak dan kalori yang rendah.
  • Hindari fast food
Baca juga :   Gangguan Kesehatan Akibat Teknologi

5. Kurangi kafein, Berhenti merokok dan Hindari alkohol

Anda pasti sering mendengar efek negatif dari alkohol dan rokok, jika masih mengkonsumsi, demi kesehatan sebaiknya berhenti. Sedangkan efek kafein terhadap tekanan darah tinggi masih menjadi perdebatan. Kafein memang diketahui dapat meningkatkan tekanan darah setelah mengkonsinya tetapi belum diketahui apakah efek ini dapat berlanjut terus-menerus.

6. Managemen stres

Jangan biarkan pikiran anda terus menerus mendapat tekanan cobalah untuk santai dan mempelajari tehnik-tehnik relaksasi.

 




loading...

Artikel terkait Kendalikan Darah Tinggi Tanpa Obat

sembuh dari hipertensi tanpa obat.