Home » Penyakit dan Terapi » Kencing Keluar Batu Pencegahan dan Pengobatan

Kencing Keluar Batu Pencegahan dan Pengobatan



batu saluran kemihDi daerah daerah tertentu yang airnya banyak mengandung kapur sering didapatkan batu saluran kemih yang salah satu tandanya kencing keluar batu. Batu saluran kemih paling sering terbentuk di ginjal dan kandung kemih.

Kalau batunya masih kecil biasanya tidak menimbulkan gejala. Batu ini bisa berjalan dari bagian atas ke bawah, saat berjalan inilah kalau batunya cukup besar sering menyebabkan sakit pinggang berdenyut, kalau batunya cukup besar maka dapat menimbulkan rasa sakit yang hebat dan kadangkala disertai kram yang menjalar.

Kencing keluar batu tidak selalu berupa batu yang berukuran cukup besar bisa juga hanya berupa pasir-pasir. Kita perlu waspada kalau kencing kita mengeluarkan batu karena batu tersebut bisa menyumbat saluran kemih sehingga bisa menimbulkan masalah baru bila dibiarkan terlalu lama.

Batu yang yang menyumbat saluran kencing bisa menimbulkan infeksi. Jika urin tersumbat maka kuman akan lebih mudah tumbuh. Air kencing yang tersumbat terus menerus, air akan naik kembali ke dalam saluran dalam ginjal dan menimbulkan tekanan yang bisa merusak ginjal.

Batu saluran kemih atau kencing mengeluarkan batu bisa disebabkan karena faktor keturunan dan biologis. Jenis batu yang terbentuk di saluran kencing bermacam-macam namun 80% terdiri dari batu kalsium sedangkan sisanya bisa dari asam urat, sistin dan struvit.

Pencegahan

Pencegahan kencing keluar batu suapaya tidak terjadi kekambuahan harus disesuaikan dengan jenis batunya

Kalsium

  • Minum banyak air putih minimal 8 gelas setiap hari. Kalau air tanah banyak mengandung kapur maka sebaiknya ganti dengan yang lebih baik
  • Obat-obatan diuretik untuk mencegah pembentukan batu baru.
  • Jika urin banyak mengandung oksalat maka kurangi makanan yang mengandung oksalat karena dapat mendukung terbentuknya batu kalsium. Makanan yang banyak mengadung oksalat antara lain bayam, teh, coklat, kacang-kacangan dan merica.
  • Jika terdapat penyakit yang dapat meningkatkan kadar kalsium pada urin maka ├é┬ásegera obati.

Batu Asam urat

  • Banyak-banyak minum air putih untuk mengencerkan urin dan mengikis batu
  • Jaga agar asam urat tidak tinggi dengan disiplin menjalani pengobatan dokter
  • Kurangi makanan yang dapat meningkatkan asam urat seperti daging, jeroan, ikan, unggas

Pengobatan

Batu saluran kencing yang kecil atau yang masih berupa pasir kebanyakan tidak memerlukan pengobatan, cukup melakukakn tindakan-tindakan pencegahan seperti disebutkan diatas seperti banyak minum air putih dn menjaga diet.

Batu yang besar yang berukurang satu centimeter atau kurang bisa dipecah dengan bantuan gelombang ultrasonik ESWL. Pecahan batu itu kemudian akan keluar bersama air kencing.

Batu juga bisa diangkat melalui pembedahan kecil dengan luka minimal.

Batu struvit kadang memerlukan antibiotik karena struvit sering merupakan tanda infeksi.




loading...

Artikel terkait Kencing Keluar Batu Pencegahan dan Pengobatan

kencing keluar batu. Batu ginjal keluar saat kencing. kencing pasir. kencing keluar seperti pasir. kencing keluar pasir. keluar batu kecil saat kencing. Kencing kapur.