Kenali Penyebab Lingkaran Hitam Pada Mata Serta Solusinya



lingkaran hitam pada mataKebanyakan orang menganggap ketika mereka mendapati lingkaran hitam pada mata, penyebab utamanya adalah kurang tidur. Namun, bukan hanya itu saja ternyata. Gaya hidup, juga sangat mempengaruhi. Ketika kita sibuk, tidak ada cukup waktu untuk istirahat, itu juga bisa menyebabkan lingkaran hitam pada mata. Berikut akan dijelaskan penyebab umum terjadinya lingkaran hitam pada mata dan solusi praktisnya untuk menyingkirkan lingkaran hitam pada mata.

Kurang Istirahat, Terlebih Tidur

Telah dijelaskan di atas, bahwa jika Anda kurang istirahat atau kurang tidur, maka lingkaran hitam pada mata akan timbul. Saat kurang tidur, wajah nampak pucat dan pada kulit di bawah mata, kulitnya sangat tipis, sehingga akan terlihat lingkaran hitam pada mata. Cara penyembuhannya tentu saja dengan tidur cukup yaitu antara 7 sampai 8 jam. Serta jangan lupa untuk makan makanan seimbang, perbanyak sayuran dan buah. Dan yang terakhir dengan minum air minimal 8 gelas per hari.

Alergi

Alergi dapat memperburuk mata. Saat terkena alergi pada mata, mata terasa gatal dan tanpa sadar anda menggaruknya. Di saat itu, tanpa disadari, Anda telah menyebabkan pembuluh kapiler di bawahnya pecah. Nah, saat itulah akan muncul lingkaran hitam pada mata. Solusinya untuk masalah ini adalah menjauhkan segala sesuatu yang membuat mata terasa gatal, seperti alergi tadi.

Baca juga :   Mencegah Sakit Punggung dan Pinggang Saat Hamil

Retensi cairan

Makan makanan tinggi garam, juga dapat menyebabkan lingkaran hitam pada mata. Hal ini disebabkan oleh, pembuluh kapiler di bawah kulit tipis pada mata, bisa membesar dan membuat seperti benjolan di bawah mata, yang akan menyebabkan munculnya lingkaran pada mata. Nah, solusinya adalah untuk mengkonsumsi makanan rendah garam dan minum cukup air.

Genetika atau keturunan

Bagi sebagian orang, lingkaran hitam pada mata juga bisa timbul dari keturunan keluarga. Untuk ini, sangat sulit dihilankan karena sudah menyengkut genetika.

Peradangan Akibat Radiasi ultraviolet dan faktor penuaan

Ketika kulit kelopak mata meradang, pembuluh kapiler tumbuh ke dalam kulit untuk memperbaiki kerusakan. Hal itu akan menyebabkan struktur baru tertinggal di kulit dan akan terlihat. Struktur yang disebut struktur vaskular dapat menggelapkan warna kulit sekitar mata dan muncul sebagai lingkaran hitam pada mata.

Pencegah Timbulnya Lingkaran Hitam Pada Mata

1. Memakai kacamata hitam agar terlindung dari sinar matahari, saat matahari sedang terik â?? teriknya.

Baca juga :   Karakter Demam Malaria

2. Minum 8 gelas air putih per hari.

3. Konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin, dan menghindari makanan yang banyak mengandung garam berlebih.

4. Usahakan tidur 7 â?? 8 jam setiap hari.

5. Meletakkan irisan bengkuang atau mentimun diatas mata, ketika sedang bersantai, sekitar 5 menitan saja.

Lingkaran hitam memang sangat mengganggu penampilan. Kenali penyebabnya dan solusinya, agar terhindar dari lingkaran hitam pada mata.

 

 




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *