Home » Makanan dan Minuman » Kelebihan Garam Berbahaya Bagi Kesehatan

Kelebihan Garam Berbahaya Bagi Kesehatan



bahaya kelebihan garamGaram merupakan bumbu masakan yang jarang ditinggalkan saat memasak. Banyak orang yang merasa kurang sedap saat masakan tidak menggunakan garam. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, garam itu baik atau tidak untuk kesehatan?

Yang benar adalah bahwa kebanyakan penggunaan garam  tidak baik. Garam berlebihan tidak baik bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi dan seseorang yang mengalami kelebihan berat badan. Bahaya yang pertama adalah retensi air. Natrium dalam tubuh dengan jumlah yang cukup membuat cairan dalam tubuh menjadi seimbang. Namun, jika asupan natrium atau garam ini terlalu banyak, maka akan menyebabkan retensi air atau tubuh menyimpan cairan dalam jumlah yang banyak mengakibatkan kembung dan meningkatnya berat badan.

Selain itu, kelebihan garam dapat membuat pembuluh darah arteri mengeras, ditambah dengan retensi air yang meningkatkan volume darah membuat jantung dipaksa untuk lebih bekerja keras untuk memompa darah, sehingga  tekanan darah tinggi tak terelakkan.

Bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet, harus tahu soal ini. Mengurangi makanan yang mengandung garam berlebih adalah pilihan cerdas. Makanan di restoran cepat saji lebih baik dihindari jika ingin jantung sehat dan tubuh terjaga dari kegemukkan. Hal ini dikarenakan di restoran cepat saji selain mengandung banyak lemak dan kolesterol juga banyak yang menggunakan garam atau kadar kandungan natrium yang tinggi ke dalam makanannya. Atau ada pilihan jitu bagi para pediet, pilihannya adalah memilih makanan yang saat memasaknya tidak memerlukan garam, misal daging atau ikan, kedua jenis makanan ini bila disajikn bisa saja tanpa garam, dengan cara dibakar atau digoreng.

Baca juga :   Sumber Vitamin C yang Baik Selain Dari Buah Jeruk

Mengerti dan memiliki pengetahuan dasar tentang berapa banyak jumlah garam yang harus dikonsumsi per harinya itu penting. Selanjutnya yaitu lebih memilih makanan yang kandungan garamnya rendah, kurangi atau hindari makanan cepat saji dan lebih memilih makanan dengan nutrisi yang baik. Jika itu dijalankan, maka kemungkinan untuk mengalami gangguan akibat kelebihan garam akan terhindarkan.

Namun, garam tidak semuanya dipandang jelek. Bahan ini juga diperlukan dalam tubuh, karena garam digunakan untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Sekarang, pertanyaannya adalah bagaimana cara mengkonsumsi garam dengan tepat?

Nah, untuk jumlah konsumsi garam yang tepat setiap hari, cukup 6 gram saja setiap hari. Pembatasan jumlah garam yang dikonsumsi ini penting bagi yang menderita hipertensi. Jangan khawatir soal rasa, pada awalnya mungkin terasa hambar tetapi setelah beberapa waktu lidah akan terbiasa.




loading...

Artikel terkait Kelebihan Garam Berbahaya Bagi Kesehatan