Home » Makanan dan Minuman » Kelebihan dan Kekurangan Air Isi Ulang

Kelebihan dan Kekurangan Air Isi Ulang



air isi ulangAir adalah kebutuhan dasar bagi kehidupan bahkan air adalah sumber dari kehidupan itu sendiri. Kebutuhan akan air saat ini semakin meningkat. Air minum sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Air minum penting bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Air yang berkualitas dan higienis adalah air yang cocok untuk dikonsumsi. Syarat-syarat air minum adalah tidak berbau, berasa, berwarna, tidak mengandung logam berat dan tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya. Air minum merupakan air yang melalui pemrosesan atau tanpa pemrosesan yang memenuhi syarat kesehatan dan bisa diminum secara langsung.

Air dari sumber alam bisa diminum oleh manusia secara langsung namun ada resiko bahwa air tersebut dicemari oleh bakteri atau zat yang berbahaya. Bakteri tersebut baru akan mati jika air dimasak hingga 100 derajat celcius namun zat berbahaya yang lain seperti logam tidak bisa dihilangkan dengan cara ini. Banyaknya pencemaran air semakin memperburuk kualitas air minum masyarakat saat ini.

Untuk mendapat air minum yang berkualitas, saat ini tersedia air minum isi ulang. Air minum isi ulang banyak dijual di berbagai kota. Air isi ulang isi ada poin kelebihan dan kekurangannya yang harus diperhatikan.

Kelebihan air isi ulang:

  • Harganya relatif murah seperti harga AMDK.
  • Mudah untuk mendapatkan
  • Walaupun tidak semua namun kualitas air isi ulang sudah memenuhi standar Departemen Kesehatan. Hal ini tergantung akan kualitas sanitasi, mesin dan bahan baku air.

Kekurangan air isi ulang:

  • Pengawasan dan pembinaan yang lemah membuat mutu air cenderung tidak konsisten.
  • Kemungkinan terjadi salah produksi relatif tinggi, terutama menyangkut tentang pemilihan bahan baku air, pemilihan alat dan sanitasi.
  • Aturan mengenai jasa layanan depo isi ulang tidak jelas. Hal ini menyangkut kualitas produksi sehingga perlindungan hukum secara khusus pada konsumen jika terjadi kasus tidak ada.
  • Proses untuk pengemasan hanya mengandalkan teknologi yang sederhana sehingga sering terjadi kontaminasi oleh bakteri.

Saat ini ditemukan banyak sekali sampel air minum di depo isi ulang. Bakteri yang ditemukan tidak secara langsung menimbulkan penyakit namun menunjukkan tingkat sanitasi yang rendah. Resiko bakteri patogen lain yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan akan semakin tinggi apabila semakin tinggi tingkat kontaminasi bakteri. Keberadaan bakteri tersebut bisa disebabkan oleh sumber air yang tercemar atau pemaparan dengan radiasi sinar ultraviolet kurang memadai.

Hal ini bisa menyebabkan bakteri tidak mati selama penyinaran. Mutu alat penyinaran yang dipakai oleh para pengusaha juga bervariasi dan tidak semua alat memenuhi standar produk yang telah ditetapkan. Syarat dan pengawasan kualitas air minum pada depo air minum isi ulang merupakan tugas dan tanggung jawab Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kota namun sebaiknya pemilik depo juga memperhatikan hal tersebut mengingat air minum merupakan kebutuhan yang krusial.




loading...

Artikel terkait Kelebihan dan Kekurangan Air Isi Ulang

manfaat air isi ulang. kelebihan dan kekurangan air. manfaat sinar uv air isi ulang. manfaat air galon isi ulang. manfaat dan bahaya air galon isi ulang. gambar galon isi ulang. kebaikan dan keburukan dari usaha isi ulang air mineral.