Home » Info Kesehatan » Kecanduan Facebook Lebih Banyak Pada Wanita

Kecanduan Facebook Lebih Banyak Pada Wanita



kecanduan facebookSebagian remaja kita menggunakan facebook seperti gaya hidup. Banyak aspek yang mengutungkan penggunanya sehingga pengguna lebih mudah untuk berkomunikasi, bermain game dan berbagi dengan teman-temannya. Bahkan bagi para marketer, facebook menjadi alat yang ampuh untuk mempromosikan produknya. Sehingga transaksi jual beli sering dilakukan menggunakan facebook.

Wanita lebih mungkin kecanduan menggunakan facebook, merupakan hasil dari penelitian yang meneliti tanda-tanda perubahan pada seseorang yang menggunakan sosial media seperti facebook, twitter dan kawan-kawannya.

Dilansir dari telegraph, Psikolong dari universitas Bergen di norwegia melakukan studi pada 423 siswa untuk meneliti tanda-tanda kecanduan menggunakan facebook. Mereka menemukan beberapa siswa yang secara meyakinkan kecanduan facebook dengan gejala mirip dengan kecanduan alkohol, obat terlarang atau bahan-bahan lainnya.

Para peneliti mengatakan bahwa partisipan yang berumur lebih muda lebih mudah untuk kecanduan dari pada yang lebih tua dan wanita mempunyai resiko lebih tinggi dari pada pria. Lebih lanjut, orang yang memiliki kecemasan dan ketidak nyamanan sosial lebih mungkin untuk kecanduan website sosial media, kemungkinan besar karena mereka merasa lebih aman dan nyaman menggunakan teknologi dibanding dengan berkomunikasi secara langsung dengan orang lain.

Studi ini juga menemukan bahwa orang dengan kepribadian ekstrovert lebih cenderung kecanduan Facebook, sementara orang-orang yang ambisius dan terorganisasi dengan baik kurang berisiko menggunakan website terutama untuk tujuan pekerjaan atau membangun  jaringan.

Cara mereka meneliti adalah dengan menggunakan “Bergen Facebook addiction scale” yang terdiri dari 6 kriteria dan setiap kriteria diberi skala satu sampai lima dimana skala 1 berarti sangat jarang sedangkan skala 5 berarti sangat sering.

Jika mendapat skor “sering” atau “sangat sering” pada setidaknya empat kriteria yang ada, anda mungkin sudah kecanduan Facebook, menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Reports.

Kategori yang termasuk dalam Bergen Facebook Addiction scale yaitu merasakan dorongan untuk menggunakan Facebook, merasa ada kepentingan mendesak untuk menggunakannya, peningkatan frekuensi penggunaan, pernah mencoba dan kemudia gagal untuk membatasi penggunaan facebook, dan merasa tidak tenang jika tidak diberi akses ke account miliknya.

Bagaimanapun facebook, twitter dan sosial media lainnya fungsinya seperti pisau yang berfungsi sebagai sebuah alat, alat bisa sangat berguna jika dipergunakan dengan baik dan bisa melukai jika penggunaannya tidak benar. Dalam aspek apapun itu, keseimbangan harus tetap dijaga, menggunakan facebook sah-sah saja tetapi sebaiknya tidak berlebihan dan tetap menjaga hubungan dengan teman secara langsung.




loading...

Artikel terkait Kecanduan Facebook Lebih Banyak Pada Wanita