Home » Tips Sehat » Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Rontok

Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Rontok



rambut

Rambut adalah mahkota. Kerap kali orang melakukan perawatan untuk mendapatkan tampilan rambut yang sempurna. Dari melakukan keramas, creambath, pencatokan, sampai dengan pewarnaan ramut. Tapi, banyak orang yang tak menyadari bahwa mereka seringkali melakukan kebiasaan buruk yang dapat membuat rambut mereka rontok bahkan dapat memicu tmbulnya kebotakan.

Berikut adalah kebiasan seseorang yang dapat memicu rambut rontok atau kebotakan:

1. Mencuci rambut setiap hari. Keramas setiap hari dapat menyebabkan kelenjar sabum (minyak yang menjaga kelembaban rambut) bekerja lebih keras untuk memproduksi minyak lebih banyak. Kadar minyak yang berlebihan pada rambut dapat menyebabkan rambut kusam, berminyak atau kering, dan kerontokan rambut. Sebaiknya keramas dilakukan sekali dalam 2 hari.

2. Menggunakan kondisioner berlebihan. Kondisioner digunakan untuk mencegah rambut agar tidak kering. Tapi, penggunaan kondisioner yang berlebihan dapat membuat rambut rontok. Karena, di dalam kondisioner terdapat protein yang membentuk rantai yang membuat rambut rapuh. Rambut yang rapuh akan mudah rontok.

3. Menyisir rambut yang basah. Rambut yang basah adalah rambut yang mudah rapuh. Rambut yang basah akan mengembang ketika disisir yang membuat rambut rontok. Gunakan sisir yang giginya jarang ketika rambut basah. Atau tunggu rambut kering untuk menggunakan sisir yang giginya rapat.

Baca juga :   Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Lidah Buaya

4. Mengikat rambut yang basah. Rambut yang diikat saat basah akan memicu tumbuhnya jamur dan menimbulkan rasa gatal pada rambut. Apabila dibiarkan akan menimbulkan infeksi pada kulit kepala.

5. Menggunakan hair dryer dan catok tanpa menggunakan vitamin rambut. Tidak menggunakan vitamin atau pelembab ketika mencatok atau menggunakan hair dryer akan membuat rambut menjadi kering, kusam, dan mudah rontok karena panas.

6. Mewarnai rambut. Penggunaan pewarna rambut yang berbahan petroleum dapat merusak folikel rambut. Apabila pewarna rambut digunakan secara terus menerus dan berlangsung lama dapat menyebabkan rambut kering dan berhenti tumbuh.

7. Merokok. Selain menyebabkan kanker dan jantung, merokok juga dapat menyebabkan rambut rontok. Hal ini terjadi karena merokok dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah akibatnya suplai darah ke folikel rambut berkurang.

8. Banyak pikiran (stres). Keadaan stres pada pria akan menyebabkan produksi hormon yang meningkat. Hormon testosteron dan dihidrotestosteron (DHT) akan meresap ke batang rambut yang menyebabkan penipisan pada rambut. Selanjutnya, rambut tidak sehat dan menyebabkan kerontokan bahkan rambut berhenti tumbuh.

Baca juga :   Seks Secara Teratur Dapat Meningkatkan Kesehatan Anda Dan Pasangan

Hindari kebiasaan-kebiasaan memperlakukan rambut seperti diatas untuk mengurangi rambut rontok.




loading...

Artikel terkait Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Rontok