Home » Tips Sehat » Kanker Leher dan Kepala – Penyebab Serta Gejalanya

Kanker Leher dan Kepala – Penyebab Serta Gejalanya



Kanker Leher dan Kepala - Penyebab Serta Gejalanya

Kanker Leher dan Kepala - Penyebab Serta Gejalanya

Istilah yang dapat menggambarkan sejumlah tumor atau kanker ganas yang pertumbuhannya ada di organ manapun di bagian leher dan kepala adalah kanker kepala dan leher. Jenis kanker yang sulit untuk diobati adalah kanker pada tenggorokan, mulut, lubang pernapasan, kelenjar lidah dan pangkal tenggorokan.

Rata-rata pada usia 59 tahun kanker leher dan kepala ini muncul. Biasanya di bawah umur 59 tahun sering terserang kelenjar tiroid atau sinus, kelenjar ludah. Sedangkan, pada umur di atas 59 tahun akan sering terserang kanker mulut, tenggorokan atau kotak suara (laring). Biasanya seseorang yang telah berusia lebih dari 50 tahun ke atas akan lebih rentan terserang kanker leher dan kepala, biasanya kanker ini menyerang atau diderita oleh kaum pria. Kasus ini sangat erat hubungannya dengan konsumsi tembakau atau alkohol. Penyakit ini umumnya banyak ditemukan pada Negara-negara yang tingkat konsumsi tembakau dan alkoholnya tinggi.

Penyebab Kanker Leher dan Kepala

Baca juga :   Cara Membentuk Perut Six Pack

Sekitar 85 persen kasus ini dialami oleh mereka yang sering mengkonsumsi rokok dan alkohol. Penyebab lainnya bisa disebabkan karena kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga, tidak pasnya penggunaan gigi palsu, serta mengunyah dan menghirup tembakau.

Gejala Kanker Leher dan Kepala

1. Terdapat Benjolan pada Leher

Biasanya sebelum menyebar ke bagian tubuh lainnya, kanker ini menyebar ke kelenjar getah bening di leher. Periksakanlah ke dokter apabila benjolan ini menetap lebih dari 2 minggu. Semua benjolan memang semuanya bukanlah kanker, tapi untuk beberapa benjolan di sekitar leher biasanya merupakan pertanda awal dari kanker tenggorokan, mulut, kelenjar tiroid, atau sejenis limfoma ataupun kanker darah.

2. Perubahan Suara

Kanker laring kebanyakan menyebabkan perubahan suara. Sebaiknya Anda periksakan ke dokter jika hal ini terjadi lebih dari dua minggu.

3. Adanya Sesuatu Pertumbuhan di Dalam Mulut.

Kanker mulut atau lidah kebanyakan dapat menyebabkan luka terbuka serta pembengkakan yang tak sembuh-sembuh. Biasanya luka tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri kecuali terinfeksi. Dan pada saat stadium lanjut akan terjadi pendarahan.

Baca juga :   Perhatikan Nutrisi Dan Hal-Hal Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Anak

4. Perdarahan

Seringkali penyebab perdarahan oleh penyakit selain kanker, melainkan tumor di dalam mulut, tenggorokan, hidung atau paru-paru yang dapat menyebabkan pendarahan. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter apabila selama beberapa hari atau lebih di dalam ludah atau dahak terdapat darah.

5. Kesulitan Menelan

Penyebab dari kenker tenggorokan biasanya menyebabkan kesulitan dalam menelan makanan terutama yang keras atau padat.

6. Sakit Telinga yang Menetap

Biasanya pertanda dari infeksi tumor di dalam tenggorokan adalah rasa nyeri saat menelan dan selalu menetap di dalam atau sekitar telinga. Ini merupakan masalah serius yang segera perlu Anda obati.

 




loading...

Artikel terkait Kanker Leher dan Kepala – Penyebab Serta Gejalanya

kanker leher. Gejala kanker leher. kangker leher. ciri ciri kanker leher. kanker kepala dan leher. gejala kanker kepala dan leher. ciri-ciri kanker leher.