Home » Makanan dan Minuman » Kandungan Yogurt Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Kandungan Yogurt Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan



plain yoghurtRasa yogurt yang asam susu ditambah dengan wanginya yang khas membuat penikmat yoghurt ketagihan ingin lagi dan lagi, apalagi yogurt sering disajikan dengan buah-buahan dan disajikan dingin sehingga menambah rasa segar saat dikonsumsi.

Karena berbahan dasar susu, kandungan vitamin dan mineral yang ada didalamnya mirip dengan susu biasa, yang membuat sedikit berbeda yakni adanya bakteri asam laktat Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus kedua bakteri probiotik ini mengubah beberapa kandungan susu sehingga lebih bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi dasar yogurt untuk setiap 200 ml antara lain

Dari Vitalhealthzone

Vitamin A – 198IU Calcium – 242mg
Vitamin B1 (Thiamin) – 0.06mg Iron – 0.11mg
Vitamin B2 (Riboflavin) – 0.28mg Magnesium – 24mg
Vitamin (B3 Niacin) – 0.15mg Phosphorus – 190mg
Vitamin B5 (Pantothenic Acid) – 0.78mg Potassium – 310mg
Vitamin B6 (Pyridoxine) – 0.06mg Sodium – 92mg
Vitamin B12 (Cobalamin) – 0.74mcg Zinc – 1.18mg
Folate – 14mcg Copper – 0.01mg
Vitamin C – 1.0mg Manganese – 0.01mg
Vitamin D – 0IU Fluoride – 24.0mcg
Vitamin E – 0.12mg Selenium – 4.4mcg
Vitamin K – 0.4mcg
Baca juga :   Inilah 6 Makanan Wajib Untuk Ibu Menyusui

Oleh produsen, yogurt sering diberi tambahan vitamin D. Vitamin D berfungsi untuk memperbaiki penyerapan kalsium dalam tubuh. Penyerapan kalsium yang baik membuat tulang kuat dan mencegah osteoporosis, meskipun sebenarnya vitamin D bisa didapat dari sinar matahari pagi tapi tidak ada salahnya juga mengkonsumsi sumplemen tambahan. Kalau anda ingin mendapatkan manfaat ini dari yogurt, bacalah label yang tertera apakah yogurt yang akan anda beli mengandung vitamin D.

Yogurt juga bisa mengandung lemak susu dan gula. Kandungan lemak pada yogurt tergantung dari jenis susu untuk membuatnya, bisa susu skim (tanpa lemak), susu rendah lemak dan susu full cream (tanpa pengurangan lemak). Kandungan gula dan lemak ini terkait dengan darah tinggi dan obesitas. Telah diketahui bahwa yogurt rendah lemak dapat menurunkan resiko darah tinggi, jika tujuannya untuk menurunkan resiko penyakit ini sebaiknya pilih yang rendah lemak dan rendah gula.

Yang membuat yoghurt menjadi asam dan memiliki lebih banyak manfaat kesehatan adalah karena adanya bakteri probiotik. Bakteri probiotik adalah bakteri baik yang secara normal sudah berada di sistem pencernaan. Berbagai macam bakteri baik memiliki banyak manfaat seperti melawan bakteri buruk yang berlebih, meningkatkan imun dan membantu memproses zat makanan dalam usus.

Baca juga :   Redakan Kram Otot Dengan Makan Pisang

Kebanyakan warna dan rasa buah dalam yoghurt berasal dari bahan sintesis atau perasa tambahan — bukan dari rasa buah asli sehingga tidak memberikan tambahan nutrisi seperti pada buah asli. Untuk menambah rasa dan kandungan nutrisi yogurt, tambahkan buah-buahan segar.




loading...

Artikel terkait Kandungan Yogurt Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

kandungan yogurt. kandungan yoghurt. kandungan dalam yoghurt. kandungan dalam yogurt. kandungan youghurt. yoghurt kandungannya.