Home » Makanan dan Minuman » Kandungan Telur Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Kandungan Telur Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan



nutrisi telurKandungan nutrisi telur dikenal tinggi terutama protein yang mencapai 15%. Selain protein, kandungan telur yang lain diantaranya berbagai macam vitamin, mineral, antioksidan dan lemak baik. Nutrisi telur yang beragam dan tinggi ini menjadikannya termasuk dalam daftar makanan super (super food).

Meskipun telur sudah akrab di lidah kita tetapi kalau dibandingkan dengan negara-negara lain, konsumsi telur rata-rata kita masih relatif rendah. Konsumsi telur Indonesia 87 butir perkapita pertahun. Dibandingkan dengan  Thailand yang sudah mencapai 93 butir perkapita pertahun, China  304 butir perkapita pertahun, bahkan negara Malaysia yang merupakan tetangga dekat kita sudah mencapai 311 butir perkapita pertahun.

Konsumsi telur yang masih tergolong rendah ini selain dipengaruhi oleh daya beli masyarakat juga karena masih melekatnya anggapan bahwa telur mempunyai kandungan kolesterol yang tinggi sehingga lebih baik menguranginya.

Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Faktanya meskipun telur mengandung 212 mg kolesterol tetapi perlu diingat bahwa ada kolesterol baik (HDL) dan kolesterol buruk (LDL).

Baca juga :   Manfaat Kulit Pisang

Studi yang dipublikasikan Journal of the American College of Nutrition (2000) menunjukkan bahwa mereka yang makan setidaknya empat telur per minggu  memiliki kadar kolesterol lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya menyantap satu butir telur per minggu atau yang tidak makan terlur sama sekali atau. Nah lho, masih beranggapan kandungan kolesterol telur buruk untuk kesehatan?

Beberapa peneliti percaya bahwa kandungan kolin dalam kuning telur yang mampu melawan dampak buruk kolesterol dalam telur. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Harvard School of Public Health menunjukkan kandungan kolesterol dalam telur tidak berdampak negatif pada kadar kolesterol darah orang sehat.

Selain itu kandungan telur lain yang baik untuk kesehatan diantaranya vitamin A, D, E dan beberapa vitamin B. Mineral yang ada didalamnya seperti kalsium, natrium, magnesium fosfor kalium, besi, seng dan selenium.

Kuning telur kaya akan karbohidrat, membuatnya makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan energi. Karotenoid lutein dan zeaxanthin, membantu menjaga kesehatan mata.

Ada juga telur dari ayam yang diberi pakan khusus. Telur ini memiliki kandungan nutrisi tambahan, seperti asam lemak omega-3  dan beberapa nutrisi seperti vitamin E dan lutein yang lebih tinggi.

Baca juga :   Kandungan Jahe Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Kalau anda sehat, penelitian-penelitian tersebut bisa menjadi rujukan bahwa kandungan telur justru bermanfaat untuk kesehatan.




loading...

Artikel terkait Kandungan Telur Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan