Jenis-jenis Kanker



Setelah jantung, penyebab kematian nomor 2 di Amerika Serikat adalah kanker. Penyakit ini tetap mempunyai ancaman mematikan, walaupun dapat dideteksi dini dan diobati dengan terapi termutakhir.

Sampai sekarang terdapat sekitar 100 tipe kanker yang dikategorikan dalam pertumbuhan sel yang tak normal. Selain banyak jenisnya, setiap individu pun mempunyai penyebab yang berbeda. Sampai sekarang ini tak dapat dipastikan bagaimana sel kanker muncul dan tumbuh dan beberapa kasus malah menjadi misterius. Sel kanker dalam beberapa kasus bisa bersembunyi pasca treatment. Sejak tahun 1970-an dana yang telah dikeluarkan untuk penelitian kanker sekitar US$200.

National Cancer Institute (NCI), seperti yang diterbitkan di vivanews.com, bahwa dari tahun 2003-2007 ada sekitar 10 jenis kanker paling mematikan dan membunuh di Amerika Serikat, yaitu:

Kanker Paru-paru

Kanker ini adalah jenis kanker yang paling banyak membunuh warga Amerika Serikat. Penyebab utamanya adalah produk rokok. Menurut NCI, rata-rata kanker ini menyerang usia 55 dan 65 tahun. Kanker jenis ini mempunyai dua jenis tipe, yaitu kanker sel kecil paru-paru dan non sel kecil. Pada tahun 2010, sekitar 157.000 orang diperkirakan meninggal karena kanker ini.

Kanker Usus Besar dan Rektum

Dalam jaringan usus besar, kanker usus besar ini tumbuh. Menurut NCI, pertumbuhan kanker rektum terjadi di beberapa inci terakhir dari usus besar dekat anus. Biasanya dari gumpalan kecil kasus tersebut diawali, polip adalah istilah lain dari sel jinak yang dari waktu ke waktu menjadi kanker. Diperkirakan sekitar 51.000 orang terbunuh akibat jenis kanker ini.

Baca juga :   7 Kiat Sehat untuk Orang Sibuk

Kanker Payudara

Di Amerika Serikat, kanker payudara ini adalah kanker kedua pada wanita yang paling umum ditemukan setelah kanker kulit. Ternyata untuk sel ini juga ditemukan pada pria. Antara tahun 2003 dan 2008, hampir terdapat 2000 kasus yang terjadi pada pria.

Biasanya kanker jenis ini terbentuk pada kelenjar yang menghasilkan susu pada wanita atau di dalam saluran yang membawa susu ke puting susu.

Kanker Pankreas

Dimulainya kanker pankreas biasanya di jaringan pankreas, yang membantu regulasi metabolisme dan pencernaan. Sering kali kasus yang terjadi pada kanker ini diam-diam, cepat dan progresif sehingga deteksi dan intervensi awal sel kanker ini sangat sulit.

Kanker Prostat

Setelah kanker paru-paru dan bronkial, pada pria kanker ini adalah jenis kanker yang banyak menyebabkan terjadinya kematian pada pria. Pertumbuhan kanker ini secara perlahan terjadi di kelenjar prostat yang digunakan untuk memproduksi air mani untuk mengangkut sperma.

Leukemia

Jenis kanker ini mempunyai beberapa jenis, tapi hampir semua efeknya pada jaringan pembentuk sel darah dalam tubuh, seperti sistem limfatik dan tulang belakang. Akibatnya, sel darah putih secara berlebihan diproduksi oleh tubuh. Di Amerika antara tahun 2003 dan 2007, tipe leukemia akut myelogenous membunuh 41.714 jiwa.

Baca juga :   Atasi Sembelit Dengan Lidah Buaya

Hati dan Kanker Saluran Empedu

Salah satu jenis kanker yang umum di dunia adalah kanker hati, tapi untuk di Amerika Serikat jarang ditemukan. Kanker hati biasanya terjadi di tempat lain dan kemudian menyebar ke hati. Organ yang terdekat adalah kanker saluran empedu.

Kanker ovarium

Menurut NCI, kanker ini menjadi kanker nomor urut ke 4 penyebab kematian kanker pada wanita yang terjadi antara tahun 2003 dan 2007. Usia 63 adalah usia rata-rata perempuan yang didiagnosis terkena kanker ini. Kanker ini lebih mudah untuk diobati. Gejalanya adalah ketidaknyamanan perut, nyeri panggul, desakan untuk buang air kecil.

Kanker Kerongkongan

Di Amerika antara tahun 2003 dan 2007, kanker ini lebih banyak menyerang laki-laki daripada perempuan. Kanker ini berawal di sel yang melapisi esophagus.

 




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *