Home » Penyakit dan Terapi » Jenis-Jenis Kanker Otak

Jenis-Jenis Kanker Otak



kanker otakAnda pasti mengetahui kanker otak. Tetapi, Anda mungkin tidak tahu bahwa kanker otak ada beberapa jenis. Segala jenis kanker itu sangat berbahaya untuk kehidupan. Kanker otak, pada dasarnya intrakranial atau berada di dalam tempurung kepala. Kanker otak merupakan neoplasma padat, yang merupakan pertumbuhan abnormal dari sel-sel yang ada di dalam pusat sumsum tulang belakang atau dalam otak.

Semua jenis kanker otak mempengaruhi kelenjar pituitari, tengkorak, jaringan limfatik, dan saraf kranial atau kelenjar pineal. Nah, berikut akan dijelaskan jenis kanker otak selengkapnya.

Berbagai jenis kanker otak

Ada dua jenis sifat kanker otak, yaitu jenis jinak dan ganas. Beberapa jenis kanker yang berasal dari sel-sel otak itu sendiri disebut sebagai tumor primer. Sedangkan, tumor yang dihasilkan dari beberapa sel penyebab kanker, yang berasal dari bagian tubuh lain ke otak disebut tumor metastasis. Jenis dan gejala kanker otak bervariasi, beberapa tumor terdeteksi dengan hanya melihat gejala yang terlihat, dan yang lainnya sampai dilakukan scan atau autopsi.

Kanker otak Glioma: Kanker ini muncul dari sel-sel glial yang dimulai dari otak atau tulang belakang.

Baca juga :   Penyebab dan Cara Mengobati Usus Buntu Secara Alami

Kanker otak Meningioma: jenis kanker otak ini berkembang pada selaput meninges kecil atau selaput yang menutupi dan melindungi otak serta sumsum tulang belakang. Kanker otak ini muncul dalam bentuk yang beragam. Jenis kanker ini merupakan salah satu dari tumor primer paling umum yang mempengaruhi manusia. Gejala dari kanker jenis ini adalah epilepsy idiopatik, apasia, dan hemiparesis.

Kanker otak Adenoma hipofisis: Terbentuk dari kelenjar hipofisis yang merupakan salah satu bagian penting dari otak. Kanker ini menimbulkan sakit kepala parah, gejalanya yaitu adanya tanda-tanda kelainan sekresi pada hormon hipofisis. Kanker ini dapat terdeteksi hanya melalui scan otak atau otopsi.

Kanker otak Selubung saraf: Tumbuh di sistem saraf, kanker ini adalah salah satu jenis kanker yang terdiri dari mielin.

Bagaimana seseorang bisa mengobati tumor otak?

Ahli bedah saraf adalah orang yang bisa mengobati jenis tumor otak. Pengobatan yang paling umum untuk tumor adalah melalui operasi. Pengobatan lain yaitu dengan terapi radiasi di mana tumor otak diobati dengan gelombang radiasi. Terapi ini akan mengakibatkan sel dalam tumor mati dan mencegah penyebaran tumor.  Pengobatan pisau Gamma (Gamma knife treatment) juga merupakan cara yang efektif mengobati jenis tumor otak. Pisau gamma akan memotong sel-sel tumor otak dengan mengisolasi gelombang gamma pada tumor otak. Kemoterapi juga merupakan pengobatan yang umum digunakan untuk mengobati jenis tumor otak.

Baca juga :   Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut



loading...

Artikel terkait Jenis-Jenis Kanker Otak