Home » Berat badan » Tips Sehat » Jantung Sehat Dengan Diet Mediterania

Jantung Sehat Dengan Diet Mediterania



diet mediteraniaAda banyak jenis diet yang dapat Anda pilih sesuai keinginan Anda, salah satu jenis terbaik adalah jenis diet Mediterania. Diet jenis ini, dapat membantu pasien yang memiliki masalah dengan penyakit jantung, kolesterol tinggi, atau masalah kesehatan lainnya. Dinamakan Mediterania, karena menganut pola diet orang di wilayah Mediteran Selatan.

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa Diet Mediterania akan membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Prinsip diet ini adalah mengkonsumsi segala jenis makanan yang baik, yang diolah dengan cara yang tepat untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

Apa Yang Diet Mediterania Tekankan?

Komponen utama diet Mediterania, sebetulnya sama seperti diet lainnya, yaitu menekankan pada pola makan yang tepat dan olahraga. Bahkan, jenis Diet Mediterania ini lebih menekankan kepada latihan atau olahraga yang teratur, dengan tujuan menjaga kesehatan jantung. Anda bisa melakukan jalan sehat atau jogging yang terbukti membuat jantung lebih sehat.

Untuk pola makan pada Diet Mediterania ini, lebih mengutamakan makanan nabati seperti sayuran, buah segar, jenis kacang-kacangan, dan gandum. Namun, bukan berarti diet ini sama halnya dengan menjadi vegetarian, Anda juga bisa makan daging, tapi porsinya saja yang dikurangi. Dalam seminggu, mungkin Anda bisa makan daging di akhir pekan. Atau konsumsi ikan seminggu dua kali.

Baca juga :   Manfaat Kesehatan Konsumsi Bir Dengan Jumlah Yang Tepat

Dalam diet ini, Anda juga akan menggunakan minyak zaitun untuk menggantikan fungsi mentega. Zaitun, akan memberikan lemak sehat yang dibutuhkan tubuh Anda, bukan dengan lemak jahat seperti yang terkandung dalam mentega. Selain itu, penggunaan bumbu dan rempah-rempah alami juga digunakan dalam diet ini, untuk menggantikan penyedap rasa buatan yang tidak sehat.

Ada satu ciri khas dari Diet Mediterania yang berbeda dari semua jenis diet yang ada. Namun sebenarnya, ciri khas dari diet ini yang terakhir, mungkin banyak pro kontra, tapi masyarakat Mediteran telah menggunakannya untuk diet mereka. Hal itu adalah Anda diminta untuk meminum anggur merah dalam jumlah sedang, karena anggur merah terbukti baik untuk kesehatan jantung dan tubuh Anda.

Rencana Diet Mediterania

Berikut akan dijelaskan tentang rencana atau resep untuk diet Mediterania yang Anda bisa gunakan.

o Minum susu atau konsumsi yogurt dengan buah dan kacang-kacangan

o Membuat pasta atau salad buah

o Ikan salmon atau jenis ikan laut lain yang rendah lemak yang diolah dengan cara dipanggang, juga ditambahkan beberapa jenis sayuran untuk menemaninya.

Baca juga :   Cara Pencegahan Malaria

Segala macam diet, hampir keseluruhannya baik bagi kesehatan, tergantung dengan Anda. Jika ingin mendapat jantung sehat, rasa-rasanya diet Mediterania ini sangatlah cocok.




loading...

Artikel terkait Jantung Sehat Dengan Diet Mediterania